Salin Artikel

Longsor di Gunungkidul, Puluhan KK Harus Jalan Memutar, Bukit Retak Menjadi Ancaman

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Longsor perbukitan Sukosari, Padukuhan Ngrandu, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, DI Yogyakarta, memutus akses utama puluhan kepala keluarga ke kota. Warga harus memutar sejauh kurang lebih 5 kilometer.

"Kejadian longsor bukit Sukosari tadi jam 06.00 WIB," kata Ketua RT 09 Ngrandu, Poniran ditemui di lokasi longsor, Rabu (30/11/2022).

Dikatakannya, jalan ini statusnya merupakan jalan kalurahan menghubungkan Kalurahan Pilangrejo dan Katongan. Di seberang kawasan longsor ada 10 kepala keluarga dan di Pilangrejo ada dua RT.

"Ini akses paling enak. Bisa memutar tapi terjal dan sampai jalan utama cukup jauh. Kalau lewat sini bisa memangkas jarak sekitar lima kilometer," kata dia.

Poniran mengatakan pihaknya bersama warga melakukan kerja bakti memotong pohon yang sudah miring, dan membuat akses jalan sementara.

Dari pengamatan di lokasi, jalan sementara yang dibangun lebarnya hanya sekitar 50 sentimeter dan di sisi selatannya jurang.

"Tadi kerja bakti warga untuk buat jalan sementara agar bisa dilewati orang, kalau bisa motor. Tapi kalau motor ya harus berani," kata Poniran.

Poniran khawatir longsor susulan bisa terjadi, karena tanah di Perbukitan Sukosari retak panjangnya sekitar 30 meter.

"Masih ada retakan di atas, semoga aman saja," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/30/162158178/longsor-di-gunungkidul-puluhan-kk-harus-jalan-memutar-bukit-retak-menjadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke