Salin Artikel

Pengalaman dengan Bencana Gempa, Pemerintah DI Yogyakarta Siap Bantu Kirim Ahli Analisis Kebutuhan Infrastruktur Pasca Gempa ke Cianjur

Sekretaris Daerah (sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, dirinya telah berkomunikasi dengan Sekda Kabupaten Cianju.

Dalam komunikasi tersebut, dirinya menawarkan untuk membantu mengirim analisis insfrastruktur untuk menginventaris kebutuhan di luar logistik.

"DIY punya pengalaman selama ini kan banyak bencana. Dari kebutuhan-kebutuhan inventarisasi kecuali logistik ya itu ada kebutuhan orang yang tugasnya menganalisis terhadap kebutuhan infrastruktu yang ada di sana," ucap dia, Rabu (23/11/2022).

Saat ini, Pemerintah DIY sedang mencari analisis insfrastruktur yang siap untuk dikirim ke CIanjur, karena tidak hanya membutuhkan satu orang saja.

Selain itu sambung Aji, Pemerintah Yogyakarta juga mengirimkan bantuan logistik kepada korban gempa Cianjur. Saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY sedang mempersiapkannya.

"Tetap kita kirim untuk bantuan logistik. Ini teman BPBD sedang mengadakan itu kita kirim. Tapi yang mereka butuhkan juga pada ahli menganalisis kebutuhan infrastruktur yang ada di sana," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengatakan dirinya sudah menemui Wakil Bupati Cianjur untuk menyiapkan lokasi yang digunakan untuk merelokasi rumah-rumah yang runtuh.

"Rumah rusak berat dan relokasi akan dilakukan oleh PUPR, saya ketemu wabup. Siapin tanah, kami masih punya stok-stok Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) bisa dibangun seperti Semeru," ujar Basuki, Selasa (22/11/2022).

Basuki menambahkan untuk rumah rusak ringan hingga sedang akan dibantu oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk diberi stimulan berupa bantuan uang untuk perbaikan rumah rusak ringan dan sedang.

"Ya tugasnya untuk bencana alam kami jadi sub sistem dari BNPB Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Rusak ringan hingga sedang diberi stimulan uang oleh BNPB," jelas dia.

Informasi yang dia dapat saat ini terdapat sebanyak 2.272 rumah rusak dari data ini dapat dipilah mana saja yang masuk kategori rusak ringan, sedang, hingga berat.

"Harus dipilah mana rusak ringan, sedang, tugasnya BNPB dengan stimulan kalau berat PUPR termasuk jika ada kerusakan pada fasilitas umum seperti kantor, Masjid, Gereja," ucap dia.

Basuki mengatakan dia sempat bertemu dengan Komandan Kodim setempat, dan kantor Kodim runtuh nantinya akan dibantu oleh PUPR.

"Katanya kantor Kodim runtuh kita pasti bangun. Jadi tugas PU kalau fasilitas umum masjid, gereja, kantor-kantor seperti di Semeru dan Sulawesi Tengah," pungkas dia.

Sebelumnya, dua jalan nasional tertutup tanah longsor akibat gempa di Cianjur, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengungkapkan menemukan 5 mayat saat membuka jalan tersebut.

"Sekarang sudah terbuka ada dua lokasi yang kena longsoran masing-masing 100 meter dan 40 meter banyak sekali excavator yang besar-besar digunakan. Ini jalan nasional yang sudah kami buka kami menemukan 5 mayat," ujar Basuki saat ditemui seusai membuka internasional seminar Climate Change, Resilence, and Disaster Management for Roads di Hotel Marriot, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (22/11/2022).

Ia menyampaikan dirinya meninjau lokasi terdampak gempa Cianjur pada Senin malam pukul 22.00 WIB.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/23/184800978/pengalaman-dengan-bencana-gempa-pemerintah-di-yogyakarta-siap-bantu-kirim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke