Salin Artikel

6 Rumah Terdampak Longsor di Gunungkidul Akan Direlokasi, Warga Sementara Tinggal di Bangunan SD

"Sudah dilaporkan pak Lurah (Candirejo). Ada warga yang rumahnya betul-betul tidak bisa digunakan dan tidak mungkin balik ke lokasi asal karena bahaya longsor. Ada 6 rumah yang kita upayakan untuk relokasi karena permintaan bu Mensos (Tri Rismaharini)," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Gunungkidul Asty Wijayanti saat dihubungi, Rabu (23/11/2022).

Dikatakannya pihaknya langsung berkoordinasi dengan pemerintah Kalurahan untuk menyiapkan lokasi relokasi.

"Ini baru dicarikan tanah dulu. Kami berkoordinasi dengan Panewu (Camat) Semin, Kalurahan hingga Padukuhan," kata Asty.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata ini mengatakan, sambil menunggu proses relokasi, Pemkab telah menyediakan tempat tinggal sementara bagi warga yang rumahnya terkena relokasi.

Bersama Kementrian sosial telah menyediakan fasilitas untuk warga tersebut.

"Kami menyiapkan tempat tinggal sementara, kemarin alternatif bangunan SD depan kalurahan kosong karena regrouping. Sehingga bisa jadi tempat tinggal sementara," kata dia.

"Hasil koordinasi di lapangan ada arahan untuk memindahkan rumah warga ke tempat yang lebih aman," kata Purwono.

Dikatakannya, harus dilakukan koordinasi lanjutan, baik dengan pemerintah kalurahan dan kemensos. Hal ini berkaitan dengan tempat relokasi maupun pembiayaan.

"Masih butuh koordinasi lanjutan. Mungkin bisa tanahnya diadakan kalurahan atau pemkab, sedangkan yang pembangunan oleh Kemensos. Bisa juga tanahnya oleh kalurahan, sedang bangunnya dari pemkab. Semua masih butuh koordinasi lanjutan," kata dia.

Sebelumnya, longsor menerjang kawasan Padukuhan Blembem, Kalurahan Candirejo, Semin, Sabtu (19/11/2022) lalu. Akibatnya dua rumah rusak parah karena hilang, dan satu rumah rusak sedang. Selain itu, dua orang hilang yakni Karso Wijoyo dan Karni.

Selasa (22/11/2022) petang sekitar pukul 16.00 WIB, tim pencarian gabungan berhasil mengangkat jasad Karni. Berselang dua jam, tim berhasil mengangkat jenazah kedua atas nama Karso.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/23/163050778/6-rumah-terdampak-longsor-di-gunungkidul-akan-direlokasi-warga-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke