Salin Artikel

Subvarian Omicron XBB Terdeteksi di Indonesia, Pakar UGM Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir Berlebihan

Ketua Kelompok Kerja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Gunadi, Ph.D, Sp.BA, mengimbau masyarakat tidak panik menghadapi masuknya Covid-19 subvarian Omicron XBB ke Indonesia.

"Jangan khawatir berlebihan," ujar Gunadi dalam keterangan tertulis Humas UGM, Kamis (27/10/2022).

Gunadi mengatakan, meski tidak perlu khawatir berlebihan, namun masyarakat tetap harus waspada. Selain itu juga memperkuat penerapan protokol kesehatan.

Varian baru XBB, lanjut Gunadi, merupakan hasil evolusi dari varian Omicron. Dari segi kecepatan penularanya, varian XBB memiliki sifat dasar yang sama dengan Omicron.

Varian ini juga dianggap setara dengan kemampuan varian Omicron BQ.1.1 dalam menghindari sistem imun tubuh (imun escape).

"Ini patut menjadi perhatian kita semua," tegasnya.

Gunadi mengungkapkan, saat ini Kelompok Kerja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM terus aktif berpartisipasi melakukan pengawasan genom (genomic surveillance).

Pemeriksaan sampel terus dilakukan. Pemeriksaan sampel ini dilakukan dengan metode whole genome sequencing, atau pengurutan keseluruhan genome pada virus Covid-19.

Tujuannya untuk melacak bagian yang mengalami perubahan materi genetik atau mutasi di wilayah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“UGM masih terus melakukan genomic surveillanc. Kita ambil sampel di akhir September 2022 lalu dan saat ini masing dalam proses running serta analisis harapannya hasilnya bisa keluar di minggu-minggu ini untuk bisa mengetahui apakah ada XBB di DIY dan Jateng," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/27/155813178/subvarian-omicron-xbb-terdeteksi-di-indonesia-pakar-ugm-imbau-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke