Salin Artikel

3 Warga di Bantul Tewas Diduga gara-gara Tenggak Miras Oplosan, Sempat Pingsan dan Mengeluh Sakit

KOMPAS.com - Sebanyak tiga warga Bantul, Daerah Istimewaa Yogyakarta (DIY), tewas diduga usai minum minuman keras (miras) oplosan jenis AL.

Ketiga korban itu berinisial IR (49), warga Payaman, meninggal pada Minggu (16/10/2022), MI (23) meninggal pada Sabtu (15/10/2022), dan DK (24) meninggal Minggu.

Kedua korban terakhir diketahui merupakan warga Kapanewon Jetis.

"Korban meninggal bertambah satu," kata Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (17/10/2022).

Kronologi

Seperti diberitakan sebelumnya, ketiga korban pesta miras menjelang acara hajatan di rumah salah satu warga berinisial DK (24), Kamis (13/10/2022).

Saat itu DK dan IR meminum miras oplosan jenis AL. Lalu seorang warga berinisial K datang dan membeli lagi sebanyak satu botol ukuran 400 ml dan diminum berempat.

Kemudian, warga berinisial MI (23) turut bergabung dan membawa dua botol minuman jenis yang sama. Mereka berlima langsung mengonsumsi miras tersebut.

"Kelimanya meminum hingga habis dan membubarkan diri untuk pulang ke rumah masing-masing," kata Jeffry.

Setelah itu, hari Sabtu 15 Oktober 2022, sekitar pukul 05.00 Wib, MI tiba-tiba pingsan di rumahnya.

Pihak keluarga segera membawanya ke rumah sakit. Lalu pada pukul 14.30 WIB MI dinyatakan meninggal dunia di RS Hermina Yogyakarta.

Sementara itu, DK juga mengeluh sakit di hari yang sama. DK pun segera dibawa ke RS Nur Hidayah. DK meninggal dunia pada Minggu, sekitar pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, pada hari Minggu kemarin IR, K, dan A juga mengalami gejala yang mirip.

Mereka segera dibawa ke RSUD Panembahan Senopati. Untuk A mendapatkan perawatan jalan, IR dan K harus rawat inap.

Namun, IR akhirnya meninggal dunia pada Minggu (16/10).

Terduga penjual miras diperiksa

Atas kejadian itu, polisi meminta warga untuk tidak mengonsumsi miras. Selain membahayakan kesehatan hingga kehilangan nyawa.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Bantul agar tidak mengonsumsi miras karena pastinya dapat berdampak buruk bagi kesehatan bahkan dapat kehilangan nyawa," kata dia.

Dalam kasus itu, polisi telah memeriksa penjual miras oplosan itu.

(Penulis : Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor : Reni Susanti )

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/17/133648678/3-warga-di-bantul-tewas-diduga-gara-gara-tenggak-miras-oplosan-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke