Salin Artikel

Tak Perlu Pilkada, Gubernur dan Wagub DIY Akan Dilantik pada 10 Oktober Mendatang

"Pelantikan kembali Gubernur dan Wakil Gubernur DIY insya Allah akan dilaksanakan sesuai jadwal dan ketentuan perundangan yang berlaku, yaitu tanggal 10 Oktober 2020 bertempat di Jakarta," kata Huda, Jumat (30/9/2022).

Ia mengatakan pimpinan DPRD DIY bersama sekretaris DPRD, kepala biro hukum, kepala Biro Tapem (Tata Pemerintahan) dan kepala biro umum Pemda DIY mengunjungi Sekretariat Presiden di Jakarta untuk menanyakan surat permohonan pengesahan dan pelantikan Gubernur-Wagub DIY periode 2022 - 2027. 

Diketahui penetapan Gubernur dan Wagub sudah dilaksanakan pada sidang paripurna DPRD DIY, tanggal 9 Agustus 2022 yang lalu. DPRD telah menetapkan kembali Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur DIY. Lalu Adipati Kadipaten Pakualaman Paku Alam X juga ditetapkan kembali sebagai Wagub DIY.

Dalam diskusi disampaikan bahwa terkait pelantikan gubernur dan wagub merupakan tanggung jawab presiden. Selain itu, keputusannya juga akan ditandatangani sesuai ketentuan aturan dan tidak akan mundur dari waktu.

"Adapun pelantikan segera dijadwalkan dan dikoordinasikan secara teknis agar bisa dilakukan tanggal 10 oktober, bertempat di ibu kota negara Jakarta," imbuh Huda.

Huda mengatakan pada tanggal 10 Oktober Presiden sempat ada jadwal kunjungan ke daerah bersama kementerian. Kemudian, diingatkan kembali bahwa ada agenda pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

"Permintaan DPRD DIY agar 55 orang anggota bisa hadir menyaksikan pelantikan juga disanggupi oleh kepala sekretariat presiden langsung. Hal ini karena DIY merupakan daerah Istimewa dan hadirnya DPRD DIY merupakan representasi dukungan bulat dari seluruh masyarakat DIY," jelas dia.

Ia menjelaskan DPRD diminta oleh sekretariat presiden agar segera berkoordinasi secara teknis dengan pihak-pihak terkait untuk menyiapkan pelantikan.

"Kita berharap dan berdoa agar semua agenda pelantikan berjalan lancar sesuai rencana. Kami juga mengapresiasi Ngarso Dalem yang menghendaki selebrasi dilaksanakan dengan kesederhanaan. Kita semua bahagia tapi diungkapkan secara sederhana dan sangat penting diiringi doa untuk kebaikan semua warga," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/30/152849778/tak-perlu-pilkada-gubernur-dan-wagub-diy-akan-dilantik-pada-10-oktober

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke