Salin Artikel

Perayaan 40 Tahun Bentara Budaya, Ajak Seniman Melek NFT

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bentara Budaya Yogyakarta adalah lembaga kebudayaan milik Kompas Gramedia.

Bentara Budaya Yogyakarta berdiri sejak 1982. Pada Senin (26/9/2022) Bentara Budaya Yogyakarta genap berumur 40 tahun.

Peringatan hari jadi ke-40 tahun ini dirayakan dengan berbagai rangkaian acara seperti pameran lukisan, pemberian penghargaan kepada seniman, meluncurkan podcast, dan yang unik adalah memberikan edukasi serta kolaborasi dengan seniman dalam membuat karya seni berbasis NFT.

General Manajer Bentara Budaya Ilham Khoiri mengatakan, Bentara Budaya pertama di Indoensia yang didirikan adalah di Yogyakarta pada tahun 1982, lalu menyusul Bentara Budaya Jakarta pada tahun 1986.

Ia berharap, ke depan Bentara Budaya mampu memberikan ruang kepada seniman mengingat saat pandemi Covid-19 para seniman sulit melakukan kegiatan.

Perayaan ini juga memberikan penghargaan kepada 4 seniman yang masih terus berkarya salah satunya diberikan kepada seniman penata artistik, penata panggung, teater, dan penggerak seni Nitiprayan yakni Ong Heri Wahyu.

"Seniman dipilih melalui proses kurasi karena mereka dianggap punya dedikasi tinggi bertahun-tahun kembangak seni tradisi, tetap berkarya di nasional maupun luar negeri dan mendorong regenerasi," kata Ilham.

Untuk program NFT, Bentara budaya memiliki dua program yakni edukasi bagi seniman dan kedua adalah kolaborasi dengan seniman untuk menciptakan karya seni berbasis NFT.

"Edukasi bagi seniman ini mungkin untuk para mahasiswa yang mau membuat NFT sedangkan kolaborasi itu kita kolaborasi dengan seniman untuk membuat karya berbasis NFT," kata dia.

"Ruang inkubasi agar lebih mengenali NFT. Seniman bagaimana belajar karya-karya, digital kita perlu masuk ruang-ruang itu agar tetap relevan," jelas dia.

Dalam perayaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan Jogja Hiphop Foundation (JHF), Wayang Cekakak, dan juga pemeran yang diikuti oleh 26 seniman yang pernah melakukan pameran lukisan di Bentara Budaya Yogyakarta.

"Pameran ini sebagai ajang reuni bagi seniman seni rupa," jelas Ilham.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/27/082514378/perayaan-40-tahun-bentara-budaya-ajak-seniman-melek-nft

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke