Salin Artikel

Sedang Cari Rumput, Kakek Kasdiyo Temukan Bayi Perempuan di Sawah

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan seorang pencari rumput di bulak Ngimbang Rt. 021, Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (22/9/2022) petang.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan, penemuan bayi berjenis kelamin perempuan berawal saat Kasdiyo (70), warga Kapanewon Srandakan sedang mencari rumput.

Dia menemukan seorang bayi berjenis kelamin perempuan di pematang sawah sekitar pukul 15.30 WIB. Kasdiyo pun memanggil beberapa temannya.

"Saat ditemukan ternyata bayi tersebut berjenis kelamin perempuan, terdapat ari-ari dalam kendil, popok, kain jarit kotor dan bayi dalam kondisi sehat," kata Jeffry saat dihubungi wartawan melalui telepon Kamis petang.

Mereka langsung menghubungi PMI Bantul dan berkoordinasi dengan Bhabinkamtimas Bantul untuk membawa bayi tersebut ke RSUD Panembahan Senopati Bantul sekitar pukul 15.30 WIB.

Warga juga menghubungi Polsek Sewon terkait penemuan ini.

Jeffry mengatakan bayi perempuan itu sudah diperiksa dokter di RSUD Panembahan Senopati.

Diketahui, bayi lahir lebih dari 24 jam dilihat dari pusar bayi yang menghitam menandakan sudah kering. Ari-ari yang ditemukan di samping bayi sudah membusuk.

"Sedangkan di kaki kanan bayi sudah ada bekas suntikan imunisasi," kata Jeffry.

Jeffry mengatakan, bayi tersebut kini menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Tentunya kami juga melakukan pencarian orangtua bayi tersebut. Selain koordinasi dengan pihak Kalurahan, petugas juga berkomunikasi dengan bidan, puskesmas, dukun bayi, hingga rumah sakit di Bantul," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/22/214239278/sedang-cari-rumput-kakek-kasdiyo-temukan-bayi-perempuan-di-sawah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke