Salin Artikel

Prilly Latuconsina Akan Jadi Dosen Praktisi di UGM, Ini Materi yang Diajarkannya...

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Artis Prilly Latuconsina jadi dosen praktisi di Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Pemeran karakter Yumi di sinetron "Hanya Kamu" ini akan mengajar Kajian Selebritas.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisipol UGM Dr Poppy Sulistyaning Winanti mengatakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengulirkan program praktisi mengajar.

"Nah yang menarik dari program praktisi mengajar itu sebetulnya si praktisinya yang apply. Ya menawarkan diri lah saya punya keahlian abcd, tertarik untuk mengajar mata kuliah apa gitu," ujar Poppy, Kamis (22/09/2022).

Poppy menyampaikan, sistemnya yang kemudian mempertemukan dengan universitas yang sesuai. Kebetulan, UGM mendapatkan tawaran tersebut.

"Nah kebetulan UGM ditawari, lalu saya bilang kenapa enggak," ujarnya.

Menurut Poppy, kajian yang ditawarkan atau diajarkan oleh Prilly Latuconsina adalah kajian selebritas. Kajian tersebut juga ada di program studi di Ilmu Komunikasi UGM.

"Kebetulan kajiannya yang coba ditawarkan atau diajarkan oleh Mbak Prilly ini kajian selebritas namanya yang di Ilmu Komunikasi di salah satu departemen kita juga ada kajian soal itu. Sehingga kan ya memang selebritinya yang ngajar kan enggak papa. Dosennya kan bukan selebriti jadi pas to, kan menarik juga kalau praktisi bisa mengajar," jelasnya.

Hadirnya Prilly Latuconsina sebagai dosen praktisi, lanjut Poppy, diharapkan membuat pemikiran para mahasiswa dapat lebih terbuka.

Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan ilmu tidak hanya dari dosennya tetapi juga dari mereka yang sudah terjun di dunia praktisi tersebut.

"Harapannya sih kalau saya sesederhana bahwa mahasiswa kita terekspose ya. Terekspose dengan mereka yang memang yang punya keahlian di bidang itu. Jadi kan kenapa ini penting untuk situasi sekarang kan karena supaya mahasiswa terbuka pemikirannya dan ekspose tadi ya," jelasnya.

"Kalau dari saya itu, kolaborasi yang menarik. Cuma memang karena kebetulan artis jadi atensi,"  katanya.

Prilly Latuconsina, tambah Poppy, dijadwalkan akan mulai mengajar pada minggu depan. Namun untuk kepastian tanggalnya memang belum.

"Tanggal belum, minggu depan. Saya nggak tahu ya, tapi kayaknya kemarin yang bersangkutan tidak bersedia (perkuliahan) dibuka untuk umum sih, kalau saya sayang," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/22/170959878/prilly-latuconsina-akan-jadi-dosen-praktisi-di-ugm-ini-materi-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke