Salin Artikel

Penumpang Jatuh Saat Paksa Masuk Kereta Api yang Sudah Melaju, Ini Penjelasan Daop 6 Yogyakarta

Akibatnya, penumpang tersebut mengalami dislokasi lutut kanan.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi kemarin, Minggu (18/9/2022).

"Persitiwa terjadi kepada penumpang KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen. Berdasarkan informasi petugas stasiun, penumpang sebelumnya sudah berada di kereta. Dan ketika kereta berhenti di Stasiun Yogyakarta, penumpang tersebut turun untuk membeli makanan," jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

"Pada saat kembali, kereta sudah melaju dan ditahan petugas keamanan agar tidak naik. Namun, penumpang tetap berusaha naik sehingga akhirnya satu kakinya terjatuh ke sela-sela antara peron dan kereta," lanjutnya. 

Petugas stasiun pun membawa penumpang tersebut ke Pos Kesehatan di Stasiun Yogyakarta untuk mendapatkan pertolongan pertama. Kemudian petugas juga menghubungi Klinik Mediska Yogyakarta untuk penyediaan ambulans untuk membawanya ke Rumah Sakit Panti Rapih.

"Jika penumpang ada keperluan mendesak sehingga harus turun di suatu stasiun, diharapkan agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di kereta api. Nomor telepon petugas yang berdinas selalu ada di dinding kereta untuk memudahkan bertukar informasi," tambah Franoto.

Menurutnya, jeda kereta berhenti untuk turun naik penumpang di suatu stasiun tidak lama, yakni rata-rata hanya 3-5 menit.

Dengan waktu sempit tersebut, dia mengimbau agar penumpang selalu memperhatikan pemberitahuan di stasiun dan di dalam kereta. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan waktu kedatangan ke stasiun ketika akan berangkat menggunakan kereta api.

Franoto berpesan agar penumpang kereta tidak datang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan kereta.

"Kami tekankan lagi agar penumpang mematuhi arahan petugas di stasiun sehingga ketertiban dan keselamatan tetap terjaga," tutup dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/19/111206578/penumpang-jatuh-saat-paksa-masuk-kereta-api-yang-sudah-melaju-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke