Salin Artikel

Sebagian Anggaran di APBD Perubahan Gunungkidul Dialokasikan untuk Bansos

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan Dana Alokasi Umum (DAU) tiap daerah, termasuk Gunungkidul harus disisihkan sebagian untuk program bansos. 

"Ada pengurangan nominal DAU sekitar 2 persen, yang diperuntukkan untuk bansos ini," kata Sunaryanta di Gunungkidul belum lama ini.

Lebih lanjut, dia berharap masyarakat memahami kebijakan kenaikan BBM dari pemerintah. Dikatakannya, salah satu tujuannya agar subsidi BBM lebih tepat sasaran termasuk memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Suharno mengatakan, pemotongan dana transfer sebesar 2 persen itu diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat.

"Efek BBM mengakibatkan terganggunya ekonomi kerakyatan. Untuk itu masyarakat kecil harus dipikirkan melalui 2 persen itu," kata Suharno saat dihubungi wartawan melalui telepon Selasa (13/9/2022)

Dikatakannya, nantinya dalam pembahasan bersama DPRD, semua mata anggaran yang ada di dalam APBD akan dilihat lebih detail. Jika ada anggaran yang kurang begitu mendesak maka harus dikonsentrasikan kepada kebutuhan masyarakat.

Disinggung mengenai pemangkasan anggaran dewan, pihaknya tidak mempersoalkan. Pasalnya, selama ini banyak anggaran anggota dewan yang dialihkan untuk kepentingan Covid 19 dan lainnya.

"Anggaran dewan yang tidak begitu krusial tetap diberikan kepada masyarakat," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/13/235747778/sebagian-anggaran-di-apbd-perubahan-gunungkidul-dialokasikan-untuk-bansos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke