Salin Artikel

Tiket Bus di Terminal Giwangan Yogyakarta Naik Rp 50.000 akibat Kenaikan Harga BBM

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dan nonsubsidi berdampak pada harga tiket bus di Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta. Sejumlah agen bus mulai menaikkan harga tiket hingga sebesar Rp 50.000.

Budi, agen bus Putra Remaja di Terminal Giwangan, mengatakan, tiket baru akan berlaku pada Senin (4/9/2022) besok.

"Jelas berimbas, kita baru menaikkan harga Senin besok. Naiknya Rp 50.000 untuk semua jurusan," katanya saat ditemui di Terminal Giwangan, Minggu (4/9/2022).

Ia mengatakan, pihaknya melayani berbagai rute perjalanan bus, seperti rute Yogyakarta-Lampung dan Yogyakarta-Palembang. Harga tiketnya pun bermacam-macam, mulai dari harga Rp 450.000.

Budi menambahkan, tiket yang sudah terjual untuk jadwal keberangkatan pada Senin besok tarifnya akan menyesuaikan dengan tarif yang baru. Penumpang akan diminta untuk menambahkan uang tiket.

"Nanti ada penyesuaian kan naiknya (BBM) kemarin kita belum ada kesempatan untuk menaikkan tarifnya. Kemarin sempat rugi BBM," katanya.

Budi memperkirakan, jumlah penumpang bus akan tetap stabil karena moda transportasi lain juga ikut menyesuaikan harga setelah BBM naik.

"Kalau tiap hari dari Giwangan sekitar lima bus (Putra Remaja)," katanya.

Ira Jaya Yuliana, agen bus Ramayana di Terminal Giwangan, mengatakan, pihaknya sudah menaikkan tarif sejak hari ini. Kenaikkanya mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 50.000.

"Naik Rp 50.000 untuk jurusan Sumatera yakni Yogyakarta ke Palembang sama Yogyakarta Jambi. Kalau Yogyakarta-Jakarta tiketnya naik Rp 25.000," ucapnya.

Menurutnya, penumpang tidak banyak yang protes karena sudah memahami bahwa kenaikkan harga tiket imbas dari naiknnya harga BBM.

"Mau gimana lagi udah pada maklum, naiknya juga dadakan," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/04/153714878/tiket-bus-di-terminal-giwangan-yogyakarta-naik-rp-50000-akibat-kenaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke