Salin Artikel

Kisah di Balik Lagu "Ojo Dibandingke", Ternyata Terinspirasi dari Kejadian Nyata Getirnya Asmara

KOMPAS.com - Lagu "Ojo Dibandingke" menjadi perbincangan, khususnya saat dibawakan Farel Prayoga dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022), di Istana Merdeka, Jakarta.

Pencipta "Ojo Dibandingke", Abah Lala, mengatakan, lagu tersebut terinspirasi dari kejadian nyata soal kegetiran asmara yang dialami temannya.

"Sing arep dipek bojo (yang mau dinikahi), ternyata dijodohkan dengan polisi. Dibanding-bandingne, tak kiro idaman jebulane geleman. Itu kisah nyata orangnya juga ada nih," ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Pria bernama asli Agus Purwanto itu menuturkan, sejumlah bait dalam lagu viral tersebut ditemukan secara spontan saat ia sedang berkendara.

"Bait nomor dua kan ada kata kata, 'Tak oyako aku yo ra mampu (meskipun aku kejar aku juga enggak mampu), sak kuatku aku mencintaimu,' kan ada itu. Itu saya dapatkan saat saya baru perjalanan naik, pas di Boyolali," ucapnya.

Kala itu, dia sedang menaiki sepeda motor. Tiba-tiba dia disalip mobil sambil si pengendara memainkan gas.

"Pas saya naik motor, terus disalip mobil sama di-bleyer gitu, terus saya bilang gini, 'Tak oyako (ngejar) yo ra mampu', sepeda motor kok ngoyak mobil. Jadi itu pengalaman saya, dan saya kumpulkan," ungkapnya.

Adapun penggunaan "dibandingne", menurut Abah Lala kata itu ia pakai lantaran belum pernah dibuat atau ditulis menjadi lagu. Musisi asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, ini kemudian memakainya untuk memberikan ciri khas.

Tembang "Ojo Dibandingke" dibawakan Farel Prayoga di Istana Merdeka saat peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 RI.

Penampilan penyanyi asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, itu membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah tokoh penting negara, berjoget.

Walau tampil di depan presiden, menteri, dan tokoh-tokoh penting lainnya, Farel mengaku tak grogi.

"Enggak (grogi) kok. Seru. Persiapan satu hari aja. (Diberitahu) tanggal 15 (Agustus) terus latihan," ungkapnya, Rabu, dilansir dari pemberitaan Kompas.com.

Penyanyi cilik yang duduk di kelas VI sekolah dasar ini pun mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mengundangnya tampil di Istana Merdeka.

"Terima kasih sih sudah diundang ke sini," terangnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati; Dian Erika Nugraheny | Editor: Khairina, Bagus Santosa)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/18/180000378/kisah-di-balik-lagu-ojo-dibandingke-ternyata-terinspirasi-dari-kejadian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke