Salin Artikel

Peringati HUT- 77 RI, Sirine EWS di Lereng Merapi Akan Dibunyikan Serentak Pukul 10.00 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman akan membunyikan sirine Early Warning System (EWS) secara serentak. Sirine EWS yang ada di lereng Merapi ini akan dibunyikan pada pukul 10.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan mengatakan, sirine Early Warning System (EWS) akan dibunyikan pada 17 Agustus 2022.

"Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia BPBD Sleman akan pembunyian wine EWS secara serentak," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Makwan saat dihubungi melalui chat WhatsApp (WA), Selasa (16/8/2022).

Makwan menyampaikan ada 29 EWS yang akan dibunyikan. EWS ini ada di wilayah Pakem, Cangkringan, Ngemplak, Turi dan Ngaglik.

"Sirine EWS dibunyikan pada pukul 10.00 WIB," tegasnya.

Saat sirine dibunyikan, lanjut Makwan, warga masyarakat yang ada di sekitar EWS melaksanakan pelatihan evakuasi mandiri. Evakusi mandiri ini dikoordinir oleh masing-masing kalurahan.

"(Yang melaksanakan pelatihan evakuasi) warga yang terdekat dengan EWS," tandasnya.

Makwan meminta warga masyarakat tidak panik ketika sirine EWS dibunyikan pada 17 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dimohon masyarakat tetap tenang dan tidak panik," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/16/234919178/peringati-hut-77-ri-sirine-ews-di-lereng-merapi-akan-dibunyikan-serentak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke