Salin Artikel

Menyongsong HUT Ke-77 RI, Bendera Merah Putih Berukuran Besar Dikibarkan di Bukit Klangon Sleman

Upacara bendera yang digelar di Bukit Klangon yang berjarak kurang lebih 4 km dari Puncak Gunung Merapi ini diikuti oleh warga masyarakat, TNI, Polri, komunitas relawan dan perangkat Kalurahan Glagaharjo.

Upacara bendera menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB.

Komandan Koramil Cangkringan Kodim 0732 Sleman, Kapten Tosikin mengatakan upacara menyongsong HUT Ke-77 Kemerdekaan Indonesia digelar di Bukit Klangon.

"Pagi ini kita bisa melaksanakan kegiatan upacara di Klangon," ujar Kapten Tosikin saat ditemui di Bukit Klangon, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Selasa (16/8/2022).

Lokasi upacara dipilih di Bukit Klangon karena ada nilai sejarahnya.

"Ini suatu kehormatan bagi kita semua karena apa, pengibaran bendera ini ada sejarahnya. Jadi untuk mengenang jasa para pahlawan yang ada di wilayah Cangkringan dan seputaran Sleman ini," tuturnya.

Sementara itu, Lurah Glagaharjo Suroto menambahkan, kegiatan ini merupakan upacara menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia.

"Ini menyongsong hari Kemerdekaan Indonesia, jarena resminnya besok pagi kita Upacara di Kapanewon Cangkringan," urainya.

Upacara menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia di Bukit Klangon digelar rutin setiap tahun.

"Kenapa di sini menjadi untuk pengibaran Bendera Merah Putih tiap tahun kita adakan adalah di sini tempat pertempuran dulu Belanda dengan para pejuang kita di wilayah Glagaharjo utamanya di wilayah Cangkringan ini," ucapnya.

Bendera Merah Putih yang dikibarkan dalam upacara di Bukit Klangon berukuran besar. Bendera ini dikibarkan di tiang yang berada di atas Bukit Klangon.

"Ukuran bendera sama 6 (meter) x 9 (meter). Pembawa bendera ada 16 orang, ada TNI, Polri, pamong kelurahan, tokoh masyarakat, ada komunitas di Glagaharjo," tuturnya.

Menurut Suroto ada sebanyak 77 bendera Merah Putih yang dipasang. Sebanyak 75 bendera Merah Putih berukuran kecil dipasang di sekitar Bukit Klangon.

Satu bendera berukuran besar dikibarkan saat upacara. Sedangkan satu bendera lagi yang ukuranya hampir sama, dikibarkan di Bukit Kendil.

"Jumlah bendera ini ada 77 yang satu sudah dipasang kemarin di Bukit kendil. Nomor 2 ini (untuk upacara) yang 75 kecil-kecil sudah kita pasang semua," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/16/130642778/menyongsong-hut-ke-77-ri-bendera-merah-putih-berukuran-besar-dikibarkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke