Salin Artikel

Bupati Gunungkidul Dorong UMKM Masuk Pasar Digital

“Di Gunungkidul banyak UMKM. Ada sekitar 30.000-an UMKM. Khasnya juga banyak. Salah satunya yang berbahan bakunya dari singkong. Kemudian dari umbi-umbian itu juga banyak,” katanya saat mengunjungi Kantor Kompas.com di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Dia mengatakan banyaknya UMKM ini karena menunjang sektor pariwisata di Gunungkidul.

“Dengan banyak kunjungan wisatawan maka UMKM tumbuh dengan baik,” katanya

Meskipun sempat terdampak pandemi Covid-19, Sunaryanta yakin UMKM di sektor pariwisata akan bangkit. Selain itu juga masih memiliki potensi besar yang perlu digali.

Pihaknya pun berusaha memberikan pendampingan agar UMKM di Gunungkidul bisa lebih berkembang.

“Potensi di masyarakat sangat besar. Ini yang kita fasilitasi. Ini yang kita lakukan pendampingan juga pelatihan-pelatihan kepada masyarakat. Ini agar mereka betul-betul, selain memiliki kapasitas produksi juga memiliki kualitas produksi,” tuturnya.

Selain itu dia juga mendorong agar pelaku UMKM masuk ke pasar digital. Meskipun penjualan langsung juga sudah cukup baik saat ini.

“Tapi di era transformasi digital yang seperti ini, kita hidup di tengah-tengah ekonomi digital, kita pasti menghadirkan itu. Masyarakat sekarang para pelaku UMKM mengenal digital,” ungkapnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah juga akan menyiapkan infrastruktur digital untuk mendorong pengembangan UMKM.

“Pemerintah juga menyiapkan infrastruktur digital. Pemerintah juga mengintervensi dengan memberikan pelatihan, pendampingan dan sebagainya. Salah satunya tentang digitalisasi,” pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/11/160557478/bupati-gunungkidul-dorong-umkm-masuk-pasar-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke