Salin Artikel

Masyarakat Jadi Pelaku Utama Pengembangan Pariwisata di Gunungkidul

“Kalau melihat di wilayah Selatan yang berbatasan dengan Samudra Hindia, itu memang maskotnya di sana. Di sana memang banyak tempat-tempat pariwisata. Baik yang sudah ada, maupun dalam rangka pengembangan ke depannya,” kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Kantor Kompas.com Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Destinasi wisata pantai dengan pasir putih memang menjadi daya tarik bagi pengunjung.

“Kalau di wilayah Selatan itu pantainya itu ada pasir dan tebing. Ada kawasan khas. Ini miniatur geologi. Ada bekas-bekas gunung purba,” ucapnya.

Dia mengatakan pariwisata sebelum pandemi Covid-19 menjadi penyumbang tertinggi untuk pendapatan asli daerah (PAD) di Gunungkidul.

“Paling tinggi di wilayah bagian Selatan. Sudah banyak yang bisa dinikmati wilayah Selatan,” tuturnya.

Menurutnya pengembangan sektor pariwisata di wilayahnya terus dilakukan. Dia mengatakan pelaku utama dalam pengembangan sektor tersebut adalah masyarakat.

“Di sana yang mendominasi pengelolaan dan sebagainya adalah masyarakat. Jadi yang mengelola masyarakat, yang melestarikan juga masyarakat. Karena apa? Orientasi saya, orientasi pemerintah semua untuk masyarakat,” ujarnya.

Selain masyarakat, Sunaryanta mengatakan pihak swasta juga berperan dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Pengembangunan dilakukan oleh swasta. Untuk pendukung sarana dan prasarana seperti hotel dan resort. Termasuk restoran dan makanan Ini kita akan hadirkan di situ,” katanya.

Dia mengaku ada beberapa investor yang telah masuk ke Gunungkidul untuk sektor pariwisata.

“Sudah masuk beberapa investor ke saya,” ucapnya.

“Beberapa hotel sudah ada. Bulan Agustus akan kita resmikan juga hotel bintang empat,” lanjutnya.

Sementara itu, peran pemerintah daerah melakukan pendampingan yang diperlukan oleh masyarakat dalam pengembangan pariwisata.

“Nanti dari pemerintah darah mendampingi apa yang dibutuhkan. Entah infrastruktur dan sebagainya. Kita memfasilitasi itu. Tapi orientasi pemerintah adalah masyarakat,” pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/11/135212178/masyarakat-jadi-pelaku-utama-pengembangan-pariwisata-di-gunungkidul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke