Salin Artikel

Korban Hilang di Muara Sungai Opak Bantul Ditemukan Meninggal

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Tim SAR Gabungan berhasil menemukan pria yang terbawa arus muara Sungai Opak, Bantul, DI Yogyakarta. Jumat (5/8/2022) dini hari.

Pria tanpa identitas ini ditemukan meninggal dunia.

"Korban berhasil ditemukan oleh tim SAR Gabungan (Jumat) pukul 00.30 WIB. Korban ditemukan jarak 100 meter arah barat lokasi kejadian," kata Komandan Tim Basarnas Yogyakarta, Dedi Prasetya dalam keterangan tertulis Jumat.

Dikatakannya, jenazah pria yang hingga kini belum diketahui identitasnya, langsung dibawa ke RS Bhayangkara, Sleman.

Adapun pencarian setelah korban dinyatakan hilang Kamis (4/8/2022) kemarin. Pencarian dilakukan oleh Tim SAR Gabungan dan penyisiran dihentikan pukul 17.00 WIB.

"Penyisiran dilakukan malam melalui darat, dan akhirnya ditemukan dini hari," kata Dedi.

Dengan ditemukannya 1 korban hanyut di muara Sungai Opak, operasi SAR ditutup dan semua unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

Sebelumnya, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul Nugroho menyampaikan beberapa keterangan saksi menyatakan melihat korban berjalan karena posisi sedang surut, dari arah timur menyeberang ke arah barat muara Sungai Opak sekitar pukul 09.00 WIB.

Saat menyeberang itulah korban tersapu gelombang laut sungai dan sempat melambaikan tangan.

"Melihat kejadian itu, saksi melaporkan kejadian tersebut kepada salah satu anggota SAR Satlinmas Wilayah IV yang sedang bertugas di kawasan Pantai Samas," kata Nugroho saat dihubungi wartawan Kamis.

Dikatakannya,  SAR Satlinmas berkoordinasi dengan TNI AL Posal Samas, TNI AD, Polairud Polda DIY dan Polair Polres Bantul di Pantai Samas mendatangi lokasi kejadian dan melakukan pencarian keberadaan korban.

"Masih proses pencarian," kata dia.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul Dwi Rias Pamuji mengatakan, pencarian dilakukan di sekitar muara Sungai Opak dan kawasan mangrove di sekitar Pantai Baros.

Penyisiran menggunakan kapal dan personel turun ke kawasan muara karena kebetulan tidak terlalu dalam. Namun demikian, hingga kini belum ditemukan.

Dwi mengatakan, hingga kini belum ada laporan dari keluarga yang kehilangan anggota keluarga.

"Kemungkinan bukan wisatawan. Kalau laporan itu belum ada sampai saat ini," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/05/090902878/korban-hilang-di-muara-sungai-opak-bantul-ditemukan-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke