Salin Artikel

Air Mata Atlet Para Bulu Tangkis Menetes, Sumbang Emas Pertama untuk Indonesia di ASEAN Para Games 2022

KOMPAS.com - Atlet para bulu tangkis berhasil menyumbangkan emas pertama untuk Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2022.

Indonesia mengantongi emas pertama usai menumbangkan Thailand dengan skor 3-0 melalui cabang olahraga para bulu tangkis nomor beregu putra, Minggu (31/7/2022) sore di Edutorium UMS, Solo, Jawa Tengah.

Air mata atlet para bulu tangkis Indonesia menetes saat "Indonesia Raya" berkumandang mengiringi bendera Merah Putih berkibar di tiang tertinggi.

Kesuksesan Indonesia dikunci pada pertandingan kedua setelah Hafidzh Briliansyah Prawiranegara/Hary Susanto mengalahkan ganda putra Thailand, Chok-Uthaikul Watcharaphon/Teamarrom Siripong, dalam dua gim, 21-13 dan 21-13.

Usai Hafidzh dan Hary memastikan kemenangan sekaligus mengunci emas untuk Indonesia, tim para bulu tangkis Indonesia meluapkan kegembiraan di tengah lapangan.

Kemenangan Indonesia dibuka pada laga pertama yang mempertemukan Fredy Setiawan melawan Kitichokwattana Chawarat. Fredy menang dengan skor 21-19 dan 21-12.

Tim para bulu tangkis Indonesia berhasil menyempurnakan kemenangan setelah Dheva Anrimusthi menundukkan Somsiri Pricha dengan skor 21-4 dan 21-8.


Ditemui setelah pertandingan, Hary mengaku sangat emosional dan sedikit terburu-buru karena bernafsu ingin menang lebih cepat.

"Baru pertama kali (bertemu), kekuatan hampir seimbang. Kami lebih siap," ujarnya.

"Kami rileks main fokus. Cuma tadi sempet terkejar karena terburu-buru di leg 2, (deg-degan) iya, bisa menguasai," ucapnya.

Sedangkan, bagi Dheva, emas pertama ini diharapkan menjadi pelecut semangat atlet Merah Putih untuk mendulang medali dalam ASEAN Para Games 2022.

"Pastinya bangga bisa menyumbang emas pertama untuk Indonesia dan saya berharap prestasi ini memotivasi atlet Indonesia lainnya untuk meraih medali lainnya," ungkapnya, dikutip dari Antara.

Sebelumnya, pada pertandingan Minggu pagi, Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam dengan skor 3-0.

Laga nomor beregu putra ini diikuti tiga negara dengan menggunakan format round robin. 

Dengan kemenangan atas Vietnam dan Thailand, tim beregu putra Indonesia berada di puncak klasemen. Thailand membawa pulang medali perak, sedangkan perunggu tidak diperebutkan.

Pertandingan para bulu tangkis ASEAN Para Games 2022 akan berlanjut dengan nomor perseorangan dari berbagai sektor dan klasifikasi.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Fristin Intan Sulistyowati | Editor: Robertus Belarminus), Antara

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/01/090300278/air-mata-atlet-para-bulu-tangkis-menetes-sumbang-emas-pertama-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke