Salin Artikel

Kata Sosiolog UGM tentang Citayam Fashion Week...

Melalui keterangan resmi yang dikirim melalui Humas UGM, Derajat menyatakan kemunculan ajang fesyen jalanan tersebut merupakan bagian pembentukan budaya baru dari anak muda yang patut diapresiasi.

"Salah satu karakter kaum muda adalah pencipta budaya dan kebudayaan youth culture. Fenomena Citayam mempunyai efek budaya dari kebudayaan tersebut," ujar Derajat Rabu (20/7/2022).

Derajat Sulistyo menyatakan, anak-anak muda menggunakan area publik di pusat kota sebagai lokasi unjuk ekspresi dan memilih gaya busana sebagai pilihan budaya baru dapat dikatakan sangat brilian.

Sebab, gaya busana bagian dari budaya yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Ruang kota menawarkan tantangan baru yakni kesempatan untuk mendorong pembentukan budaya mengikuti budaya yang bisa diterima adalah fashion,” urainya.

Para anak muda yang hadir dalam Citayam Fashion Week umumnya berasal dari kota-kota penyangga Jakarta. Mereka juga berasal dari keluarga kelas menengah ke bawah.

"Mereka memang kalah bertarung dengan kaum muda menengah ke atas yang sudah masuk ruang bisnis kota. Maka Citayam adalah representasi kaum muda menengah ke bawah dan menjadi bagian dari eksistensi baru mereka dalam mengisi ruang kota dan sekaligus pembentuk budaya muda kota," ungkapnya.

Derajat Sulistyo menyoroti cara gaya busana yang digunakan para komunitas Citayam. Mereka memilih menggunakan baju pinjaman atau membeli dengan harga murah.

"Menggunakan baju pinjaman sampai dengan membeli dengan harga murah, hal inilah yg membentuk kritik konsumsi fesyen kaum muda kota yang terjebak memakai baju produk industri," tandasnya.

Menurut Derajat Sulistyo para anak muda ini juga memanfaatkan media digital untuk memperkuat gaung ruang ekspresi budaya baru mereka.

"Kaum muda di sekitar Jakarta paham betul jika Jakarta adalah ruang yang bisa mewakili daya tarik dan meningkatkan audiens. Maka mereka dengan sadar menjadi jakarta sebagai ruang penciptaan budaya," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/20/185005278/kata-sosiolog-ugm-tentang-citayam-fashion-week

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke