Salin Artikel

Soal Kerusuhan di Babarsari, Sri Sultan HB X Siap Turun Tangan Damaikan 2 Kelompok yang Bentrok

KOMPAS.com - Kerusuhan terjadi di kawasan Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (4/7/2022).

Sejumlah ruko dan sepeda motor rusak akibat kejadian itu.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyayangkan adanya bentrokan tersebut.

"Kalau saya ya kenapa harus terjadi kekerasan. Dalam arti kekerasan itu fisik," ujarnya kepada wartawan di kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin.

Menyikapi peristiwa tersebut, Sultan mengatakan siap turun tangan untuk mendamaikan dua kelompok yang terlibat bentrok.

"Ya silakan saja bagi saya enggak ada masalah. Kalau tidak bisa ya saya yang nerjuni (turun langsung) juga bisa saja," ucapnya.

Sultan menuturkan, tiga tahun lalu dirinya pernah berdialog dengan tokoh-tokoh di kawasan Depok, Sleman. Dalam forum itu, Sultan meminta agar jangan sampai terjadi lagi kekerasan fisik.

"Saya sudah minta untuk tidak kekerasan," ungkapnya.

Bentrokan ini merupakan buntut dari keributan yang terjadi di salah satu karaoke di daerah Babarsari, pada Sabtu (02/07/2022) dini hari.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sleman AKBP Achmad Imam Rifai menjelaskan, Kepolisian Daerah (Polda) DIY sudah menerima laporan mengenai keributan di salah satu tempat karaoke itu.

Laporan tersebut, terang Achmad, sudah ditindaklanjuti. Sejumlah saksi juga sudah dimintai keterangan soal peristiwa tersebut.

“Intinya kami dari pihak kepolisian, saya selaku Kapolres atas petunjuk Kapolda juga mengimbau kepada masing-masing pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berlaku dan mematuhinya. Kalaupun nanti ada pihak-pihak yang kita tetapkan harus bertanggung jawab, khususnya terkait dengan kejadian ini atau kejadian yang kemarin itu, ya kita minta kita untuk menghormati dan juga tidak kemudian melebar lagi," tuturnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo; Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Khairina, Dita Angga Rusiana)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/04/200621878/soal-kerusuhan-di-babarsari-sri-sultan-hb-x-siap-turun-tangan-damaikan-2

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke