Salin Artikel

Dinilai Kurang Layak, Venue Tenis Meja ASEAN Para Games 2022 Diganti

"Ada satu venue yang dikomplain sama APSF yaitu venue tenis meja di Tirtonadi Sport Hall karena kurang layak. Terus kemudian ruang pendukungnya kurang banyak," kata Sekretaris Jenderal Komite National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto di Car Free Day (CFD) Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/7/2022).

Menurut dia, ada dua venue yang dipilih sebagai alternatif pengganti Sport Hall Tirtonadi, yakni SMK Warga dan Diamond Convention Center.

"Sehingga hari ini kita akan survei lagi venue baru mungkin di SMK Warga sama Diamond Convention Center," kata dia.

Kendati demikian, kata Rima, 13 venue cabang olahraga (cabor) lainnya yang dipertandingkan dalam APG 2022 semuanya sudah siap.

Meski ada perbaikan, ditargetkan semuanya selesai sebelum 15 Juli 2022. Adapun venue APG 2022 tersebar di Solo dan sekitarnya, serta satu di Semarang.

"Tinggal satu venue tenis meja. Kalau venue yang lainnya sudah siap semua," terang Rima.

Mengenai fasilitas transportasi atlet, Rima mengatakan telah disiapkan 130 unit bus dan mini bus dari pemerintah pusat.

"Sudah kita paparkan. Rencana dari Kemenhub sudah menyiapkan 130 bus dan mini bus mereka siap," kata dia.

Presiden The ASEAN Para Sports Federation (APSF) Osoth Bhavilai mengatakan, pihaknya kagum dengan antusiasme masyarakat Solo terhadap perhelatan APG 2022.

"Ini kegiatan yang sangat baik. Saya melihat banyak warga Solo datang ke sini dan mengakui keberadaan acara ini. Sangat menakjubkan melihat antusiasme warga setempat," kata dia.

Asoth mengapresiasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang telah bekerja keras mempromosikan dan mengenalkan perhelatan APG 2022 kepada masyarakat di Solo.

"Ini juga menunjukkan acara promosi telah dikelola sangat baik. Terima kasih untuk wali kota solo yang telah mengorganisir acara ini dari atas sampai bawah," terangnya.

Asoth juga menyinggung ada satu venue yang harus diganti karena dinilai dapat mengganggu pertandingan.

"Hanya ada satu arena pertandingan untuk cabor tenis meja. Tempat yang kemarin anginnya cukup mempengaruhi permainan. Meski begitu, Wali Kota Solo sudah bilang akan mengganti ke tempat lainnya, untuk mencari tempat yang lebih baik," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/03/115101778/dinilai-kurang-layak-venue-tenis-meja-asean-para-games-2022-diganti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke