Salin Artikel

Pemulung Ini Nekat Curi Onderdil Mesin Penggiling Daging demi Obati Sakit Ginjal Istri

Pria yang sehari-hari merupakan pemulung tersebut melakukannya untuk mencari uang demi pengobatan si istri yang menderita sakit ginjal.

Aksinya terekam kamera pengawas (CCTV) saat mencuri di usaha penggilingan daging di Pedukuhan Kliwonan, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Wates.

Pengungkapan berawal ketika Ichwanudin (44) mengaku kehilangan onderdil mesin penggiling daging pada Minggu (19/6/2022), pukul 09.00 WIB.

Barang yang hilang tersebut adalah bodi penggiling dan roda gir nanas. Ichwanudin yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) lantas membuka rekaman CCTV malam harinya.

Rekaman kemudian memerlihatkan seorang pria bercelana pendek, baju loreng, dan bertopi memarkir motor di pinggir jalan ruko.

Pelaku kemudian turun sambil membawa karung nilon. Berdasarkan rekaman, orang itu masuk Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 08.45 WIB.

Setelah melihat isi rekamannya, Ichwanudin kemudian melapor ke Polsek Wates. Dia mengaku mengalami kerugian Rp 3 juta.

Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan, pelaku ditangkap di kawasan Desa Giripeni.

“Pelaku melakukan pencurian dengan membawa karung plastik lalu dimasukkan ke rombong warna hijau dan dibawa menggunakan sepeda motor,” kata Jeffry.

Kepada polisi, AK mengakui perbuatannya dan mengatakan memerlukan tambahan uang untuk biaya berobat istrinya yang sakit ginjal.

Obat lewat pengobatan BPJS dirasa tidak maksimal. Ia mengaku memerlukan uang Rp 50.000 untuk beli tambahan obat.

Ia masuk ke pelataran ruko dan mengira besi onderdil itu tidak terpakai, lantas diambil. Ia menjual onderdil itu Rp 100.000.

(Sumber: Kompas.com Penulis: Kontributor Yogyakarta, Dani Julius Zebua, Editor: Khairina)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/24/190227178/pemulung-ini-nekat-curi-onderdil-mesin-penggiling-daging-demi-obati-sakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke