Salin Artikel

Tim Bimasakti UGM Berlaga di Ajang Mobil Balap Formula Student Belanda

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Tim Bimasakti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ikut berlaga dalam kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN). Kompetisi ini digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda, pada 9-14 Juli 2022.

"Kami ikut di kelas Combustion Vehicle dan mengikuti 2 set kompetisi yakni statik (meliputi engineering, cost, an business competition) dan dinamik (akselerasi, skid-pad, autocross, endurance)," ujar Ketua Tim Bimasakti UGM Aditya Maheranta saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Kompetisi mobil balap Formula Student Netherlands (FSN) merupakan kompetisi yang menguji kemampuan tim mahasiswa untuk memahami, merancang, mengarang, mengembangkan, dan bersaing dengan mobil balap bergaya formula.

"90 persen komponen kami hitung, rancang, dan buat sendiri. Sisanya 10 persen komponen yang standar perlombaan," ungkapnya.

Tim Bimasakti UGM di FSN membawa mobil generasi ke-11. Mobil generasi terbaru ini, menurut Aditya, secara konsep dasar sama dengan sebelum-sebelumnya.

"Secara konsep dasar sama, tapi secara detil-detil komponen yang tahun ini semua mengalami penyempurnaan. Kami baru menemukan proses alur merancang yang sesuai untuk kebutuhan kami," bebernya.

Tim Bimasakti UGM secara resmi dilepas untuk berlaga di Kompetisi Mobil Balap FSN oleh Direktur Kemahasiswaan UGM Suharyadi pada Senin (20/6/2022).

"Hari ini tim Bimasakti meluncurkan mobil generasi terbaru sekaligus pelepasan tim untuk ikut perlombaan kompetisi formula di Belanda," ujar  Suharyadi dalam keterangan tertulis Humas UGM.

Kompetisi mobil balap FSN digelar di Sirkuit TT Assen, Belanda. Kompetisi tersebut dilaksanakan pada 9 Juli 2022 hingga 14 Juli 2022.

“Kita mengapresiasi kepada mitra yang telah memberikan dukungan. Karena tim ini tergabung dari beberapa fakultas, saya menyampaikan terima kasih pada pembina yang telah membimbing secara teknis maupun ilmunya," ungkapnya.

Tim Bimasakti, lanjut Suharyadi, tidak berbeda dengan peserta kompetisi dari negara lainnya yang juga akan menghadapi berbagai kendala dalam penyiapan hal teknis dan kendala finansial.

Namun begitu, kemampuan tim yang berhasil mengatasi kedua hal tersebut bisa menjadi pengalaman berharga bagi mereka selain menang dalam perlombaan.

"Yang lebih penting bagaimana ini tim bisa mempelajari proses ini sebagai pembelajaran yang kita peroleh. Karena proses non akademis sangat berguna ketika anda sudah lulus dan bekerja nantinya," jelasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/24/182240178/tim-bimasakti-ugm-berlaga-di-ajang-mobil-balap-formula-student-belanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke