Salin Artikel

Angin Puting Beliung Terjang Kulon Progo, Puluhan Rumah Warga Rusak

Jumlah kerugian akibat puting beliung itu belum dapat dipastikan. Namun, beberapa rumah ada yang mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

“Sementara 50-an (rumah). Masih bisa berkembang karena banyak yang harus didata dan verifikasi. Kerugian total belum bisa diperhitungkan,” kata Jogoboyo Kalurahan Tirtorahayu, Zumarudin, Kamis (9/6/2022).

Zumarudin mengungkapkan, angin puting beliung terjadi pada Rabu (8/6/2022) sekitar pukul 17.15 WIB. Peristiwa itu diawali hujan deras yang disertai petir. Angin sempat berputar beberapa saat di halaman kantor kalurahan.

Lalu angin mengangkat tiang bendera, atap bangunan gedung olahraga, genting kantor hingga atap pendopo. Selain itu listrik juga padam. Kemudian angin berjalan ke arah Barat Daya.

Zumarudin mengungkapkan, kantornya menerima laporan bahwa angin puting beliung telah merusak rumah di setidaknya empat pedukuhan, yakni Sigran, Barahan, Patuk Tengah, dan Patuk Kidul.

“Sedangkan pada Pedukuhan Patuk Lor hanya merusak satu fasilitas umum berupa sekolah dasar yang gentingnya berhamburan,” kata Zumarudin.

Dia mengatakan sebagian besar rumah rusak akibat tertimpa pohon. Misalnya saja di Sigran, dari dilaporkan ada 30-an rumah terdampak angin puting beliung itu, 12 di antaranya tertimpa pohon. Sementara sisanya mengalami kerusakan berupa atap yang berhamburan.

Salah satu rumah yang mengalami rusak berat adalah milik Suwardi (54) di Sigran. Rumah Suwardi itu rusak berat akibat tertimpa pohon jambu dan pohon kelapa yang ada di kebun  tetangga.

Rumah Suwardi rusak parah pada atapnya. Beruntung Suwardi dan empat anggota keluarganya selamat.

“Kejadian begitu cepat. Kami tidak berani keluar rumah karena hujan deras dan petir. Tiba-tiba atap berjatuhan karena tertimpa pohon,” kata Suwardi.

Pria yang bekerja buruh bangunan itu mengungkapkan, dirinya menderita kerugian hingga puluhan juta rupiah.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/09/131347878/angin-puting-beliung-terjang-kulon-progo-puluhan-rumah-warga-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke