Salin Artikel

Pos SAR Pantai Krakal Rusak Terkena Abrasi, Wisatawan Diimbau Tak Mendekati Lokasi

Koordintor SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menyampaikan, posko SAR yang berada di Kawasan Pantai Krakal rusak akibat abrasi dan disertai gelombang tinggi beberapa pekan lalu.

Akibatnya, lantai sekitar posko SAR hilang, dan bangunan sebagian mengalami kerusakan. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya sudah memindahkan barang di dalam posko. 

"Petugas jaga yang ada enam personil di Pantai Krakal. Biar nebeng di warung masyarakat karena kondisi pos sudah tidak layak," kata Marjono saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu (29/5/2022).

Dijelaskannya, posko yang dibangun tahun 1999 dan digunakan pada tahun 2000 ini, sudah tidak layak karena berbahaya.

Pihaknya sudah melaporkan kondisi ini ke Pemkab Gunungkidul, dan beberapa waktu lalu sudah ditinjau oleh pihak terkait.

"Semoga segera terealisasi. Posko ini setiap akhir pekan atau libur sering digunakan untuk posko gabungan SAR Satlinmas bersama TNI dan Polri, untuk memantau wisatawan yang datang mencapai ribuan orang," kata Marjono.

Kapolsek Tepus AKP Wawan Anggoro menambahkan pihaknya memasang garis polisi di sekitar posko SAR Satlinmas untuk mengantisipasi wisatawan berteduh di sekitar lokasi.

"Kita melihat kondisi pos pantau SAR memprihatinkan. Kami bersama SAR memasang police line, tujuannya wisatawan tidak mendekat. Gedung ini dikhawatirkan rusak atau ambruk mengenai wisatawan," kata Wawan.

Dia mengatakan pihaknya akan membantu SAR dalam pemantauan keamanan. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/29/113417178/pos-sar-pantai-krakal-rusak-terkena-abrasi-wisatawan-diimbau-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke