Salin Artikel

Melayat Buya Syafii Maarif, Jokowi: Beliau Hidup dalam Kesederhanaan, Kader Terbaik Muhammadiyah

Menurut dia, mendiang Buya Syafii juga dikenal sebagai kader terbaik yang dimiliki Muhammadiyah.

"Beliau hidup dalam kesederhanaan. Beliau adalah kader terbaik Muhammadiyah yang selalu menyuarakan tentang keberagaman," ujar Jokowi saat pidato melepas jenazah Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman, Jumat (27/5/2022).

Jokowi mengatakan, Buya Syafii Maarif juga dikenal sebagai sosok yang menyuarakan toleransi antarumat beragama.

"Selalu menyuarakan tentang toleransi antarumat beragama, dan beliau juga selalu menyampaikan pentingnya Pancasila bagi perekat bangsa," kata dia.

Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan rasa dukacita atas meninggalnya tokoh bangsa itu.

"Atas nama pribadi, atas nama bangsa, atas nama negara, saya menyampaikan ucapan dukacita yang mendalam atas berpulangnya, atas wafatnya, beliau Buya Syafii Maarif pada Jumat, 27 Mei 2022, pukul 10.15 WIB. Beliau adalah guru bangsa," tuturnya.

Untuk diketahui, Buya Syafii Maarif meninggal dalam usia 86 tahun pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Kabupaten Sleman.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Jumat (27/5/2022).

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," ungkapnya.

Sebelumnya, Buya Syafii Maarif dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Gamping sejak Sabtu (14/5/2022) akibat mengalami sesak napas.

Kondisi mantan Ketum PP Muhammadiyah periode 1998-2005 tersebut sempat membaik dan tidak begitu sesak napas. Bahkan, dokter juga sudah memperbolehkan Buya Syafii Maarif pulang ke rumah. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/27/162614678/melayat-buya-syafii-maarif-jokowi-beliau-hidup-dalam-kesederhanaan-kader

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke