Salin Artikel

Jenazah Buya Syafii Maarif Bakal Disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman hingga Ashar

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif rencananya disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman.

"Sudah kami siapkan segala sesuatunya, termasuk tempatnya dan tempat karangan bunganya," kata Ketua Takmir Mashid Gedhe Kauman, Azman Latief, saat ditemui di lokasi, pada Jumat (27/5/2022).

Azman menambahkan, ia mendapatkan informasi bahwa Masjid Gedhe Kauman akan didatangi oleh pelayat dengan jumlah yang banyak. 

"Yang kami tahu ini akan datang menjelang jumatan. Insya Allah sebelum khatib naik mimbar, jenazahnya sudah ada di sini (masuk masjid)," ujar dia.

Ia mengatakan, jenazah disemayamkan hingga waktu ashar dengan tujuan jika ada jemaah yang akan menshalatkan lebih leluasa.

"Lebih leluasa luas, sehabis shalat ashar nanti baru diupacarakan sebelum diberangkatkan," pungkas dia.

Sebelumnya, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X berbelasungkawa atas meninggalnya mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif pada Jumat (27/5/2022).

"Saya ucapkan innalilahai wa inilahi rajiun," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat.

Sultan mengenal Buya Syafii sebagai sosok yang lembut dan berwawasan luas, terutama dalam menjalin komunikasi.

"Beliau memiliki wawasan yang luas, tapi lembut di dalam membangun komunikasi dengan kearifannya," kata dia.


Meninggalnya cendekiawan muslim ini membuat Yogyakarta merasa kehilangan sosoknya.

"Sebetulnya kami di Yogyakarta kehilangan," kata dia. 

Buya meninggal dalam usia 86 tahun pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Kabupaten Sleman.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Jumat (27/5/2022).

"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," ungkapnya.

Buya Syafii Maarif sebelumnya dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Gamping sejak Sabtu (14/5/2022) akibat mengalami sesak napas.

Kondisi mantan Ketum PP Muhammadiyah periode 1998-2005 tersebut sempat membaik dan tidak begitu sesak napas.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/27/113400478/jenazah-buya-syafii-maarif-bakal-disemayamkan-di-masjid-gedhe-kauman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke