Salin Artikel

Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK Dinilai Sarat Kepentingan Politik, Ngabalin: Mari dengan Akal Sehat Berprasangka Baik

KOMPAS.com - Pernikahan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman telah berlangsung pada Kamis (26/5/2022) pagi di Kota Solo, Jawa Tengah.

Namun, terdapat anggapan bahwa pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK sarat kepentingan politik.

Terkait hal itu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan tanggapannya.

Ngabalin menegaskan bahwa pernikahan adik Jokowi dan Ketua MK tidak berkaitan dengan politik.

Hal tersebut ia katakan saat menghadiri acara pernikahan Idayati dan Anwar di Graha Saba Buana, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarasi, Solo, Kamis.

"Kalau orang menyebutkan ini perkawinan politik, apanya lagi dengan Pak Jokowi, sudah selesai, Pak Jokowi sebentar lagi selesai," ujarnya, dikutip dari Tribun Solo.

"Mari kita dengan akal yang sehat, berprasangka baik, itu suatu kegiatan-kegiatan yang diperintahkan dalam agama Islam. Menjadi sesuatu yang sangat mulia dan ibadah," ucapnya.


Respons keluarga adik Jokowi

Mengenai adanya pendapat bahwa pernikahan ibunya dengan Ketua MK sarat kepentingan politik, anak pertama Idayati, Septiara Silvani Putri (32), menanggapinya dengan santai.

"Keluarga biasa saja," ungkapnya dalam konferensi pers di Graha Saba Buana, Rabu (25/5/2022).

Septiara pun tidak mempersoalkan jika ada pihak luar yang menganggap pernikahan ibunya dengan Ketua MK sarat kepentingan politik.

"Orang bebas punya opini seperti apa. Tapi kita punya prinsip. Biasa-biasa aja sebenarnya. Santai aja keluarga. Bahwa pernikahan ini di luar itu," tuturnya.

Di acara tersebut, Septiara menjelaskan bagaimana Idayati dengan Anwar bertemu.

"Bapak dan ibu dikenali temen. Bapak dan ibu ketemu beberapa kali ngobrol, cocok, dan berlanjut ke jenjang serius. Lumayan lama sejak tahun lalu. Cuma detailnya tidak bisa kami ceritakan," jelasnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor: Dita Angga Rusiana)

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Istana Bantah Bersatunya Ketua MK & Adik Jokowi Bukan Pernikahan Politik, Ngabalin: Berakal Sehatlah

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/26/141438178/pernikahan-adik-jokowi-dan-ketua-mk-dinilai-sarat-kepentingan-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke