Salin Artikel

Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM Periode 2022 – 2027

Dari hasil pemungutan suara Majelis Wali Amanat (MWA), Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D menjadi rektor terpilih dengan memperoleh 21 suara.

Rapat Pleno Majelis Wali Amanat UGM digelar di Balai Senat UGM. Tiga calon rektor yang mengikuti tahapan Pemilihan dan Penetapan Rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM yakni Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto, Prof. Dr. Eng. Ir. Deendarlianto, S.T., M.Eng., dan Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D.

Pemilihan dan Penetapan Rektor diikuti oleh 17 anggota MWA secara luring dan 1 anggota secara daring.

Anggota MWA yang hadir secara luring di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Hadir juga sebagai Ketua MWA UGM Pratikno.

Dalam pemungutan suara oleh MWA ini, Ova Emilia terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022 – 2027 setelah mendapat 21 suara.

Sedangkan Prof. Dr. Ir. Bambang Agus Kironoto mendapat 1 suara dan Prof. Dr. Eng. Ir. Deendarlianto, S.T., M.Eng., mendapat 3 suara.

Ova Emilia terpilih sebagai Rektor UGM Periode 2022 – 2027 setelah mendapat suara terbanyak.

Ketua MWA UGM Pratikno mengatakan rapat pleno MWA diawali dengan presentasi masing-masing calon rektor. Kemudian setelah selesai presentasi dan diskusi anggota MWA secara khusus melakukan pemilihan dengan cara voting.

"Hasil seluruh proses voting telah ditentukan hasilnya tertinggi dan melampaui 50 persen adalah Prof. Ova Emilia," ujar Pratikno dalam jumpa pers usai rapat pleno, Jumat (20/05/2022).


Pratikno menyampaikan dengan hasil voting tersebut, rapat pleno MWA memutuskan rektor terpilih untuk periode 2022-2027 adalah Ova Emilia.

Anggota MWA yang hadir baik secara luring maupun daring dapat memberikan suara, kecuali rektor yang masih menjabat saat ini.

"Pak Mendikbud memberikan suaranya tadi. Jadi itu hasil dari semua anggota termasuk suara yang diberikan oleh Pak Mendikbud," ucapnya.

Pratikno mengungkapkan masa jabatan Rektor UGM Panut Mulyono berakhir pada 28 Mei 2022. 

Karena itu, MWA akan segera melakukan pelantikan rektor terpilih dalam waktu dekat.

"MWA akan segera melakukan pelantikan rektor terpilih Prof. Ova Emilia menjadi rektor resmi nanti pada tanggal 27 Mei 2022 ini," tandasnya.

Sementara itu, Ova Emilia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan.

Ova Emilia mengungkapkan ke depan akan meneruskan program-program yang telah dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Mencoba untuk ke depan dengan adanya banyak tantangan yang tadi sudah kita ceritakan tentang distruksi jadi membuat bagimana universitas kebanggan bangsa ini tetap tangguh bahkan juga dapat menjadi sebuah universitas yang semakin tinggi dan representatif dari yang kita banggakan dari Indonesia," ungkapnya.

Dengan hasil ini, maka nantinya setelah resmi dilantik Ova Emilia menjadi rektor UGM perempuan kedua.

Setelah sebelumnya Rektor UGM perempuan yang pertama adalah Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/20/181422178/ova-emilia-terpilih-jadi-rektor-ugm-periode-2022-2027

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke