Salin Artikel

Diduga Telat Oper Gigi Saat Lewati Tanjakan Dlingo, Minibus Mundur Tabrak Tebing dan 2 Mobil

KOMPAS.com - Diduga terlambat oper gigi perseneling, minibus yang mengangkut 25 orang tak kuat saat melewati tanjakan di Jalur Imogiri-Dlingo di Desa Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (15/5/2022).

Akibatnya, minibus dengan nomor polisi AB 7370 AK mundur dan menabrak sejumlah kendaraan di belakangnya. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

"Penyebabnya karena kegagalan ketika oper gigi dari 2 ke gigi 1, sehingga nol kemudian mundur," ujar Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel), Satlantas Polres Bantul Ipda Ketut Reni Juliani, Senin (16/5/2022), dilansir dari Tribunnews.com.

Tabrak tebing dan mobil

Reni menjelaskan, saat itu sopir minibus yang bernama Lestari Widodo (51) warga Jigudan, Kelurahan Triharjo Kapanewon Pandak Bantul itu, sudah berusaha banting stir ke arag kanan hingga menabrak tebing sebelah kanan.

Namun, minibus tetap melaju hingga akhirnya menabrak beberapa mobil.

"Ketika membentur tebing, body melintang dan body depan kiri membentur mobil Honda Brio AB-137-RO, kemudian mobil Honda Brio AB 1375 RO mundur membentur Mobil Honda Brio R 8763 QD," imbuhnya.


Polisi pun mengimbau kepada seluruh pengendara atau wisatawan yang melintasi jalan itu untuk tetap berhati-hati dan menaati tata tertib berlalu lintas, terutama di jalur rawan kecelakaan.

Seperti diketahui, minibus itu mengangkut rombongan warga dari Dusun Kalangan, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan Bantul.

Kecelakaan itu terjadi saat bus dalam perjalanan pulang usai menghadiri hajatan.

"Khususnya bagi pengendara kendaraan besar seperti bus dan truk dan kendaraan transmisi manual, untuk tetap menggunakan gigi 1 saat menanjak maupun menurun untuk mencegah terjadinya kecelakaan," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Tak Kuat Menanjak, Microbus Rombongan Pengantin Mundur dan Tabrak Dua Mobil di Jalur Imogiri-Dlingo

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/17/091626778/diduga-telat-oper-gigi-saat-lewati-tanjakan-dlingo-minibus-mundur-tabrak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke