Salin Artikel

Usai Tabrak Pohon Asem, Sopir di Kulon Progo Keluar Mobil Sambil Menenteng Tangannya yang Putus

Korban adalah Suryo Arista (22), warga Pedukuhan Karangsari, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman.

“Patah dan lepas bahu kanan. Korban dalam perawatan RSUD Wates kemudian rujuk RS Sardjito Yogyakarta,” kata Kanit Laka Lantas Polres Kulon Progo, IPDA Satya Kurnia melalui pesan singkat, Kamis (12/5/2022).

Suryo mengendarai mobil boks Suzuki Carry hitam H 1662 RQ. Ia membawa logistik untuk Rumah Tahanan Negara Klas IIB Wates yang berada di sisi Barat dari alun-alun.

Mobil boks datang dari Timur lalu masuk kawasan alun-alun pukul 05.15 WIB. Jalan raya itu satu arah dan sepi saat pagi masih gelap.

Saat melintas jalan raya di Selatan alun-alun, mobil mendadak oleng ke kanan lalu menabrak pohon asam. Bagian luar pohon tersebut sampai rusak akibat tabrakan. 

Tabrakan mengakibatkan mobil ringsek pada kabin sopir. Semua kaca pecah. dan sisi kanan mobil boks juga rusak.

Kondisi Suryo mengenaskan karena tangan kanannya lepas. Ia masih dalam kondisi sadar meski luka separah itu.

“Saya diberi tahu penyapu jalan (penyebab suara keras itu). Saya langsung ke lokasi mendapati sopir sudah keluar mobil. Sopir tengah menengok pohon sepelukan orang dewasa yang ditabraknya sambil bawa tangan yang putus. Dikempit. (Juga) dijinjing. Yang putus tangan kanan,” kata Sudaryono (43), pemilik warung soto dan mie ayam Pak Kodho di lapangan tenis alun-alun.

Kelik mengenal mobil itu sebagai angkutan logistik yang biasanya sudah nongkrong di depan rutan setiap pukul 05.20 WIB.

Kelik memenuhi permintaan korban untuk mencarikan telepon genggamnya di dalam mobil. kemudian korban mengabarkan tragedi tersebut kepada keluarganya.

Kelik juga ikut membantu mengemas isi mobil boks untuk rutan. Mobil memuat sayur bayam, kangkung, tahu, tempe, beras hingga galon isi air mineral. Setelah dikemas, barang dikirim ke rutan.

Kelik mengatakan, sempat terjadi perbincangan singkat dengan sopir itu. Dalam kondisi sadar, sopir mengaku mengantuk saat peristiwa kecelakaan tunggal itu terjadi.

“Setelah saya tanya, ia mengatakan kalau mengantuk,” kata Kelik.

Motor vs Sepeda Onthel

Kecelakaan juga terjadi di jalan raya juga terjadi di Jalan KRT Kertodiningrat, Pedukuhan Karangtengah Lor, Kalurahan Margosari, Kapanewon Pengasih pada Tidak hanya itu, pada Kamis (12/5/2022) pukul 06.45 WIB.

Seorang pelajar yang mengendara Honda Vario G 4638 AJG menabrak lansia mengayuh sepeda onthel.

Pelajar itu langsung dilarikan ke RSUD Wates. Dia mengalami patah tulang di pergelangan tangan kanan dan lecet di beberapa bagian anggota tubuh.

Sementara pengayuh sepeda adalah lansia 58 tahun. Ia mengalami berbagai luka ringan dan cidera kepala. Lansia itu juga  masih dalam perawatan di RSUD Wates.

“Sepeda onthel berjalan dari arah barat ke timur lalu berbelok ke kanan. Motor yang melaju dari arah belakang datang dan (tertabrak) terjadi kecelakaan,” kata Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana.

Atas semua kasus itu, Jeffry mengingatkan warga untuk lebih waspada dan berhati-hati di jalan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/12/135845778/usai-tabrak-pohon-asem-sopir-di-kulon-progo-keluar-mobil-sambil-menenteng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke