Salin Artikel

3 Nelayan Hilang di Perairan Gunungkidul, Pencarian Diperluas ke Parangtritis

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 1 Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan, hingga tiga hari pencarian mereka belum berhasil menemukan korban.

"Pencarian hari ke-4 ini dilanjutkan mulai pagi tadi pukul 06.00 WIB," kata Sunu saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (5/5/2022).

Sunu menjelaskan, pencarian tiga awak kapal Mandala Putra, yakni Anggi Pratam, Riki, dan Hendra akan dibagi menjadi beberapa tim.

"Pencarian hari keempat ini difokuskan ke arah barat," kata Sunu, yang menambahkan akan dilakukan penyisiran dengan menggunakan 3 Kapal sekoci milik nelayan.

Adapun personel yang diterjunkan yakni dari SAR Satlinmas, Basarnas, Pol Air Pos Sadeng, dan dibantu nelayan.

"Akan dilakukan penyisiran dengan menggunakan 4 perahu Jukung SAR Satlinmas dari pantai Siung mengarah ke barat dan dibantu dari perahu jukung nelayan pantai Sadeng," kata Sunu

"Juga dilakukan penyisiran ke bawah tebing-tebing seputaran TKP mengarah kebarat dengan menggunakan 1 jetski SAR Satlinmas dan 2 jetski BASARNAS," lanjutnya.

Untuk tim darat, mereka akan melakukan pemantauan ke Pantai Ngitun sekalian dengan penjagaan pam Lebaran.

"Jika gelombang memungkinkan kita melakukan penyisiran sampai perbatasan ke wilayah Parangtritis (Bantul). Memaksimalkan pencarian di sekitar Pantai Parangtritis," kata Sunu.

hHlangnya para nelayan bermula saat kapal 10 GT berisi tiga orang, yakni Anggi Pratama (19) sebagai tekong warga Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul; Riki (21) dan Hendra (23) keduanya warga Cilacap, Jawa Tengah.

Mereka melakukan perjalanan dari Malang, Jawa Timur tujuan Cilacap, dan ketiga nelayan ini sempat melakukan kontak dengan Poniman (55), nelayan asal Girisubo Jumat (29/4/2022) pukul 02.45 WIB.

"Saat itu mereka mengabarkan kapal mengalami panas mesin sehingga harus dilakukan pendinginan di tengah Pantai Baron. Beberapa saat kemudian ABK sudah tidak bisa dihubungi lagi hingga saat ini," kata Sunu.

Tim SAR menerima laporan hilangnya kapal pada Minggu (1/2/2022) langsung melakukan pencarian.

Sunu mengatakan saat pencarian ditemukan serpihan kapal di sekitar Tebing Umbul, Sebelah Barat Pantai Ngitun, Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Gunungkidul.

"Anggota SAR bersama beberapa nelayan menggunakan kapal sekoci milik nelayan, melakukan penyisiran mengarah ke barat dari Pantai Sadeng. Sesampainya di depan Tebing Umbul sebelah barat Pantai Ngitun, ditemukan beberapa serpihan puing kapal dan diduga kuat serpihan tersebut adalah serpihan kapal yang hilang kontak," ucap dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/05/125555978/3-nelayan-hilang-di-perairan-gunungkidul-pencarian-diperluas-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke