Salin Artikel

Sosok “Crazy Rich Grobogan”, Ternyata Pernah Perbaiki Sejumlah Jalan di Jabar dan Bangun 30 Masjid

KOMPAS.com - Sosok “crazy rich Grobogan” mendadak menjadi perbincangan khalayak.

Julukan tersebut dialamatkan kepada Joko Suranto (53), seorang pengusaha properti yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Joko menyandang julukan itu usai mengeluarkan uang pribadi Rp 2,8 miliar untuk memperbaiki jalan rusak di kampung halamannya, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng).

Ia mengatakan, aksinya itu didasarkan atas rasa keprihatinan dan kemanusiaan.

Apa yang dilakukannya merupakan pengamalan motto hidupnya, yakni jangan takut berbuat baik.

Bapak tiga anak ini menuturkan, dirinya tak mengharapkan apa pun atas perbaikan jalan di kampung halamannya yang dibiayai dari kocek pribadinya.

“Saya nyesel kok tidak dari dulu saya ambil sendiri. Walau terlambat, syukur alhamdulillah masih diberi kesempatan berbuat baik," ujarnya, Sabtu (16/4/2022).

Kepala Desa Jetis sekaligus kakak kandung Joko Suranto, Suharnanik, mengungkapkan, Joko juga pernah memperbaiki jalan di daerah Jabar.

"Jalan rusak di daerah lain juga dia perbaiki pakai uangnya sendiri. Bahkan juga pernah ikut urun bangun masjid. Kalau pulang selalu bersodaqoh dan sembelih sapi. Kami menyebutnya amal jariah, ketika ada rezeki," ucapnya, Sabtu.

Saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Joko membenarkannya. Akan tetapi, dia tidak ingin diulas lebih dalam.

“Iya, bangun jalan di Kabupaten Bandung, Cicalengka, Subang, dan bangun 30 masjid di Jabar. Tapi, sudah enggak apa-apalah, jangan dibesar-besarkan. Intinya, sebagai manusia kita harus berbagi," ungkapnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Grobogan, Puthut Dwi Putranto Nugroho | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief, Robertus Belarminus)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/17/150600378/sosok-crazy-rich-grobogan-ternyata-pernah-perbaiki-sejumlah-jalan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke