Salin Artikel

Bocah 3 Tahun di Gunungkidul Kecanduan Rokok, Ahli: Sudah Masuk dalam Pengabaian yang Tidak Disadari

KOMPAS.com - Psikolog Anak dan Keluarga Astrid WEN menilai, kasus anak tiga tahun di Gunungkidul, DI Yogyakarta yang kecanduan rokok karena orang tua anak yang belum memiliki kemampuan pengasuhan yang baik.

"Kalau diperhatikan, orang tua kurang awas, dan bahkan sudah masuk dalam pengabaian yang tidak disadari," kata Astrid saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Dijelaskan Astrid, pengabaian yang tidak disadari itu seolah-olah kita memerhatikan, padahal sebenarnya tidak memerhatikan dengan penuh.

"Jadi, kalau anak kita merokok, kita tidak berdaya melarangnya, itu kan berarti kuasanya orang tua sangat kecil," ungkapnya.

Selain itu, sambung Astrid, orang tua juga belum mampu menerapkan aturan di dalam rumah. Sehingga anak tetap dengan keinginannya.

"Anak memang merasa tidak nyaman ketika kita beri aturan. Aturan atau disiplin itu merupakan pengajaran bagaimana anak bisa menjalani hari-harinya secara teratur," ujarnya.


Orang tua harus tega

Kata Astrid, kalau ingin melepaskan kecanduan rokok pada anak, orang tua harus tega. Tapi, tidak dengan kekerasan.

Setelah itu, sambungnya, anak diberi beberapa kegiatan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Kita perlu tega menstop, setelah itu kita tidak hanya fokus distopnya saja, kemudian harus diisi dengan berbagai kegiatan agar anak tidak ingat untuk merokok lagi," ungkapnya.

"Jadi untuk anak tiga tahun kita tidak bisa marahi anak jangan merokok, tapi yang harus kita lakukan mengambil rokoknya meski pun si anak menangis," sambungnya.

Bisa hilang dalam waktu enam bulan

Kata Astrid, kecanduan rokok pada anak tersebut dapat hilang dalam waktu enam bulan asal orangtuanya mau melalukan pendampingan.

Namun, sambung Astrid, pendampingannya bukan hanya kepada anak saja, tetapi juga orangtuanya.

"Pendampingan ini bukan hanya untuk anak saja, tetapi juga kepada orang tua, intervensinya kepada orangtuanya minimal harus enam bulan," ungkapnya.

Tapi, lanjutnya, kalau orangtuanya tidak mau tentunya proses penyembuhan itu akan sulit dan lama.

"Saya pikir dalam waktu enam bulan. Sebulan saja sudah kelihatan hasilnya kalau orangtuanya siap," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/03/25/060300778/bocah-3-tahun-di-gunungkidul-kecanduan-rokok-ahli--sudah-masuk-dalam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke