Salin Artikel

Harga Daging Sapi di Yogyakarta Stabil, Pedagang Beringharjo Malah Keluhkan Kehilangan Pelanggan

Namun, pedagang mengeluhkan pembelian berkurang karena dampak Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro dipindah ke Teras Malioboro Satu dan Dua.

Penjual daging sapi di Beringharjo, Ponirah (65) mengatakan, harga daging sapi masih stabil di kisaran Rp 120.000 per kg. Untuk daging khas dalam lebih mahal, yaitu Rp 125.000 per kg.

"Harga Rp 120.000 sama Rp 125.000, belum ada kenaikan masih stabil. Harga biasanya juga segini belum ada kenaikan," katanya saat ditemui di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta, Jumat (25/2/2022).

Ia menyampaikan jika terjadi kenaikan harga daging sapi, seminggu sebelumnya akan diumumkan terlebih dahulu dan nantinya diberikan surat edaran kenaikan harga kepada para pedagang. Seperti saat harga naik pada Juni 2021 lalu.

"Terakhir harga naik ya sesuai surat edaran naik Rp 5.000. Belum ada kabar kalau naik. Mudah-mudahan nggak," ucapnya.

Ia mengungkapkan kondisi saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain pandemi Covid-19, relokasi PKL Malioboro juga berdampak pada omset penjualannya. Karena selama ini ia memiliki beberapa langganan penjual bakso yang membeli daging darinya.

"Tapi sekarang jualan ini susah karena pedagang bakso di Malioboro dipindah, sampai sekarang belum jualan lagi. Jadi agak sulit sekarang ini," ungkapnya.

Pedagang daging sapi lainnya, Waliyem menyampaikan hal yang sama. Harga daging sapi di Yogyakarta cenderung stabil di harga Rp 120.000 hingga Rp 125.000.

"Kalau harga masih biasa kualitas 1 Rp 125.000, kualitas 2 Rp 120.000. Masih stabil harganya dan belum mendengar ada kabar kenaikan harga," kata dia.

"Biasanya kalau mau naik 2 minggu sebelumnya sudah diberi tahu terus baru dirapatkan dulu se-pengusaha daging termasuk penjual dealnya berapa. Misal Rp 5.000 nanti dibikin surat edaran," kata dia.

Ia mengungkapkan penjualan saat ini sudah membaik jika dibandingkan saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebelumnya.

"Kalau pembeliannya Alhamdulillah sudah naik lagi sudah baik. PPKM saat ini nggak ngaruh, beda dengan saat awal-awal PPKM," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/25/161105478/harga-daging-sapi-di-yogyakarta-stabil-pedagang-beringharjo-malah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke