Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] Erick Thohir Bertemu Sultan | Lansia Tewas Ditabrak Saat Menyeberang Jalan

KOMPAS.com - Berita Menteri BUMN Erick Thohir silaturahmi dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi perhatian publik.

Dalam pertemuan itu, Sultan meminta kejelasan pembangunan tol dan pengembangan wilayah Borobudur.

Sementara itu, seorang lanjut usia 61 tahunbernama Kasidal tewas saat menyeberang Jalan Kenteng – Brosot, Pedukuhan Belik, Kalurahan Demangrejo, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Korban tewas setelah mengalami luka dalam parah akibat tertabrak motor.

Berikut populer Yogyakarta:

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, saat bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir, pihaknya meminta kejelasan pembangunan tol, karena pelaksanaan pembangunan adalah BUMN.

"Ya sama karena itu menyangkut BUMN ya pelaksanaannya," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan Kota Yogyakarta, Senin (21/2/2022).

Selain titu, pihaknya juga meminta kejelasan pengembangan wilayah Borobudur.

Karena dalam pembangunan Borobudur tidak hanya menyangkut pada sektor pariwisata tetapi juga pembangunan kawasan Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar).

"Yang kedua menyangkut masalah Borobudur itu kepastiannya gimana. Ya Borobudur itu masalah pembangunan programnya untuk pengembangan pariwisata kan itu tidak hanya sekadar pariwisata tapi juga Joglosemar ya. Karena itu juga menyangkut beberapa BUMN," ujarnya.

 

Seorang pria lanjut usia bernama Kasidal (61) tewas saat menyeberang menyeberang Jalan Kenteng – Brosot, Pedukuhan Belik, Kalurahan Demangrejo, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (21/2/2022) sekitar pukul 06.30 WIB.

Korban tewas setelah mengalami luka dalam parah akibat tertabrak motor.

Sementara, pengendara motor yang menabraknya bernama Triyono (30) asal Pedukuhan Gegunung, Kalurahan Bumirejo, Kapanewon Lendah, Kulon Progo, hanya mengalami luka ringan.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana mengatakan, kejadian berawal saat korban menyeberang jalan dari Timur ke Barat.

Sementara Triyono mengendarai sepeda motor Honda Supra Fit AB 2068 HC datang dari Selatan ke Utara.

Saat berpapasan dengan korban, Triyono tidak mampu mengendalikan kendaraannya dengan baik hingga akhirnya menabrak korban.

“Korban meninggal dunia di rumah sakit,” kata Jeffry, melalui pesan singkat, Senin.

 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta kepada petugas untuk tidak segan-segan menindak jika ada oknum yang menimbun minyak goreng.

"Kalau menimbun itu jelas melanggar hukum. Ya tangkap saja, kalau memang itu pidana. Nggak usah sungkan," kata dia, Senin (21/2/2022).

Terkait dengan kelangkaan minyak goreng, Sultan mengaku tidak bisa berbuat banyak. Sebab, kata Sultan, terkait minyak goreng ini merupakan kebijakan dari pemerintah pusat.

"Penanganan itu kebijakan Jakarta (pemerintah pusat)," kata raja berusia 75 tahun tersebut.

 

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Yanto Apriyanto mengatakan, ketersediaan minyak goreng menipis karena banyak warga yang makukan panic buying.

Yanto menyebut, di Yogyakarta, harga minyak goreng di toko modern sudah sesuai dengan harga eceran tertinggi, untuk minyak goreng curah harganya Rp 11.500, kemasan sederhana Rp 13.500 dan premium Rp 14.500.

"Ketersediannya karena kondisi panic buying, seberapapun disuplai, konternya diserbu terus masyarakat. Kondisinya panic buying keterangan dari distributor pemasokan harusnya sudah cukup," kata Yanto, saat dihubungi, Senin (21/2/2022).

Saat kondisi panic buying, minyak yang dipasok hanya bertahan selama 15 menit saja.

"Sekarang enggak sampai 15 menit barang sudah habis. Kondisinya masyarakat panic buying," ujarnya.

 

Sumber: KOMPAS.com (Penulis : Wisang Seto Pangaribowo, Dani Julius Zebua, | Editor : Robertus Belarminus, Teuku Muhammad Valdy Arief, Ardi Priyatno Utomo)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/22/060300978/-populer-yogyakarta-erick-thohir-bertemu-sultan-lansia-tewas-ditabrak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke