Salin Artikel

Pemilik Mengaku Tak Bisa Makan dan Tidur Tahu Busnya Kecelakaan di Bantul dan Tewaskan 13 Penumpang

Giman mengatakan, kecelakaan baru pertama kali terjadi selama tujuha tahun dia berkecimpung di usaha bus pariwisata.

"Iya kaget, namanya baru sekali ini. Sampai enggak bisa makan, semalam saja enggak bisa tidur," ujar Giman, kepada Kompas.com, Selasa (8/2/2022).

Ia juga sangat terpukul dan turut berbelasungkawa kepada korban dan keluarga yang ditinggalkan dalam kecelakaan tersebut.

"Kami ikut belasungkawa sedalam-dalamnya, mudah-mudahan dapat tempat terbaik di sisi-Nya dan husnul khotimah," harap dia.

Kondisi bus

Gimana memiliki tiga unit armada bus pariwisata sejak tahun 2011-2012.

Namun, saat pandemi Covid-19, usaha bus pariwisata dihentikan sementara.

Adapun bus yang mengalami kecelakaan yakni bus berpelat nomor polisi AD 1507 EH.

Bus ini terakhir diperiksa sehari sebelum keberangkatan pada Minggu (6/2/2022).


"Keluar dari garasi dalam kondisi baik. Tanggal 5 sudah diservis semua, sama mekanik sudah dicoba, hari Minggu dan Sabtu bagus. Ini kebetulan sampai Jogja terus kok tahu-tahu itu (kecelakaan)," kata Giman.

Giman mengatakan, bus yang digunakan dalam perjalanan tersebut memang tidak biasanya digunakan dalam perjalanan wisata di kawasan DIY.

"(Bus yang digunakan) hari Minggu biasanya cuma buat kota-kota Solo, jalan ke Parangtritis baru kali itu. Kalau sopirnya sering pariwisata, hanya pandemi ini kan enggak jalan," ujar dia.

"Kemarin hari Minggu juga jalan dua armada, jadi belum sepenuhnya jalan. Pengemudinya sudah 15 tahun jadi sopir, selama pandemi menyopir bus Solo Purwodadi," ujar dia.

Sampai saat ini, Giman belum bisa mendatangi rumah para korban, karena masih memenuhi panggilan pemeriksaan di Polres Bantul. (Penulis Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati | Editor Robertus Belarminus)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/09/193107278/pemilik-mengaku-tak-bisa-makan-dan-tidur-tahu-busnya-kecelakaan-di-bantul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke