Salin Artikel

Kecelakaan Bus Tewaskan 13 Penumpang di Bukit Bego Imogiri, Bantul, Warga: Terdengar Suara Ledakan

Warga di sekitar lokasi, Warto, mengaku sempat mendengar bunyi ledakan.

"(Terdengar) suara ledakan gitu, kaca meledak gitu lho," ungkapnya.

Begitu mendatangi lokasi, Warto melihat beberapa penumpang terjepit di bodi bus.

“Penumpangnya yang masih sadar bisa keluar (bus), yang lainnya ada yang terjepit dan ada yang tertinggal di belakang bus," terangnya.

Bahriah, warga yang saat kejadian berada tak jauh dari lokasi, mengaku, mendengar suara gemuruh dari lokasi kejadian sekitar pukul 13.00 WIB. Ia kemudian mendatangi TKP.

"Yang depan sudah terbuka, sopir sudah kelihatan agak tertelungkup," ucapnya kepada Kompas.com.

Bus tak kuat menanjak

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Ihsan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata di lokasi, sebelum kecelakaan terjadi, bus tak kuat menanjak, sehingga beberapa penumpang turun.


"Kemudian setelah (bus) bisa naik kembali, penumpangnya naik. Saat (bus di) tanjakan, (saat) turunan kendaraan oleng," tuturnya.

Sementara, Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Bantul Iptu Maryanta menjelaskan, dugaan sementara, sopir bus pariwisata tersebut tidak menguasai medan jalan.

"Dugaan tidak menguasai medan. Untuk rem kami pastikan fungsi atau tidak nantinya, apakah rem kurang maksimal kami juga perlu melakukan penyelidikan," terang dia.

Dia menyebut, bus sudah oleng dari arah timur atau dari arah obyek wisata Taman Mangunan.

"Karena mau menghindari kendaraan di bawah dia membanting ke kanan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul: Petaka Bus Pariwisata Maut GA Trans di Imogiri, 13 Penumpang Tewas : Korban Ada dari Sukoharjo

Sumber: (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor: Ardi Priyatno Utomo, Khairina, Editor Reza Kurnia Darmawan)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/02/06/202028978/kecelakaan-bus-tewaskan-13-penumpang-di-bukit-bego-imogiri-bantul-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke