Salin Artikel

Mahfud MD: Tiga Kasus di Indonesia Timur Tidak Berkaitan dengan SARA

Mahfud menyebut untuk kasus di Papua, dirinya belum mengetahui secara langsung karena Panglima TNI sudah turun langsung ke sana.

"Panglima turun langsung dengan pikiran begini, selama ini TNI defensif karena ingin melakukan pendekatan baru, tidak mengejar tidak apa ini mungkin kurang dinamis di lapangan," kata Mahfud MD saat di Taman Budaya Gunungkidul (TBG), Sabtu (29/1/2022).

"Sehingga itu ya tetap pendekatan, pendekatan kesejahteraan tetapi akan lebih didinamiskan," kata

DIkatakannya, tiga kasus di Indonesia timur yakni, kebakaran tempat hiburan di Papua Barat, tewasnya tiga prajurit TNI dengan kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), dan bentrokan di Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah,

"Itu semua tidak ada berkaitan dengan SARA. Itu satu hal yang harus kita apresiasi juga, bahwa SARA tidak muncul tetapi itu kriminal, kekerasan di dunia hiburan (Sorong), lalu yang di Maluku konflik tanah antar suku, ada memang peristiwa KKB, dan kemudian tidak ada korban sipil," kata Mahfud.

Untuk soal tanah di Maluku Tengah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan DJalil agar membuat kebijakan mengenai pemanfaatan dan penghakan tanah.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/30/075156078/mahfud-md-tiga-kasus-di-indonesia-timur-tidak-berkaitan-dengan-sara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke