Salin Artikel

Di Bantul, Menteri Kelautan dan Perikanan Usulkan Satu Bulan Tanpa Aktivitas Laut

"Saya mengusulkan satu bulan penuh tidak ada aktivitas di laut, kecuali transportasi dan logistik. Aktivitas laut seperti menangkap ikan yang ada hanyalah membersihkan laut," ujar Wahyu saat launching gerakan Bulan Cinta Laut di Parangkusumo, Kabupaten Bantul, Jumat (28/1/2022).

Ia menjelaskan, sebagai awalan Bulan Cinta Laut dimulai di pesisir Pantai selatan Bantul, tepatnya di Parangkusumo. Dia bersama Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan warga membersihkan sampah-sampah di tepi pantai.

"Ini ssbagai pemanasan di wilayah Bantul yang luas pesisirnya lebih dari 100 lebih kilometer ini bersih dulu. Setelah itu baru saya lapor ke Presiden untuk digerakkan secara Nasional," katanya.

Jika gerakan ini dilakukan secara Nasional diharapkan pemerintah daerah dan masyarakat semakin sadar kesehatan laut sehingga buang sampah tidak ke sungai atau laut.

Karena jika satu bulan nelayan tidak melaut hanya membersihkan sampah yang ada di laut membutuhkan anggaran, maka perlu persetujuan dari presiden untuk menjalankan progaram satu bulan tanpa aktivitas laut.

"Harus disokong secara pemerintah daerah tidak bisa hanya dengan kementrian sendiri," kata dia.

Dia menjelaskan laut yang sehat sangat dibutuhkan bagi seluruh manusia. Karena, jika laut hancur juga merupakan kehancuran bagi umat manusia.

"Saya harap ini jadi kegiatan yang masif di seluruh Indonesia akan pentingnya kebersihan laut," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/28/165527778/di-bantul-menteri-kelautan-dan-perikanan-usulkan-satu-bulan-tanpa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke