Salin Artikel

Gunungkidul Miliki Lima Gunung Api Purba, Inilah Mereka

Mereka antara lain Gunung Api Purba Nglanggeran di Kalurahan Nglanggeran dan Gunung Ireng di Kalurahan Pengkok di Kapanewon Patuk.

Kemudian, Gunung Gentong di Kalurahan Ngalang, Gedangsari serta Gunung Batur yang lokasi di bibir pantai di Kalurahan Balong, Girisubo.

Gunung api purba paling baru dilaporkan ditemukan di kawasan wisata Watu Gendong di Kalurahan Beji, Ngawen.

Kelimanya masuk dalam kategori gunung api bawah laut. Hal itu terlihat hasil lava yang meleleh hingga srukturnya berlapis-lapis.

"Sementara ini iya (ada lima gunung api purba)," kata Koordinator Georesearch Plosodoyong Camp Field Priharjo Sanyoto saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Rabu (19/1/2022)

Dia mengatakan lima gunung api purba ini memiliki karakteristik yang berbeda di setiap lokasinya, meski beberapa berdekatan.

Dia menganalogikan masa saat ini yakni gunung Merapi, Semeru, dan Sindoro meski tergolong sama gunung api tetapi karakteristik hasil produknya berbeda.

"Gunung Ireng bukan hasil produksi Gunung Api purba Nglanggeran, meski umurnya sama. Gunung gentong di Gedangsari, bukan muntahan dari Nglanggeran meski umurnya sama," kata Priharjo.

Priharjo mengatakan dari lima gunung api purba saat ini baru Gunung Ireng yang lengkap penelitiannya.

"Gunung Ireng lebih terdukung dengan data," kata dia.

Untuk empat yang lainnya masih proses penelitian lebih lanjut untuk mendekati perkiraan umur. Sebab, dalam penelitian geologi juga diperlukan penelitian laboratorium lanjutan.

adapun umur gunung api purba di Gunungkidul hampir sama yakni 35 juta tahun yang lalu sampai 16 juta tahun yang lalu.

Sekretaris Geopark Gunungsewu, Harry Sukmono mengatakan, Gunung api purba ada empat yang ditetapkan sebagai warisan geologi yakni unung Api Purba Nglanggeran, Gunung Batur, Gunung Ireng, dan Gunung Gentong.

Untuk Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Batur kawasan cagar alam geologi oleh Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/19/162133478/gunungkidul-miliki-lima-gunung-api-purba-inilah-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke