Salin Artikel

Pendorong Gerobak Malioboro Terancam Kehilangan Pekerjaan jika Relokasi Terjadi

Di kawasan Malioboro sendiri, selain terdapat PKL juga ada pekerjaan berupa pendorong gerobak. Mereka bertugas mendorong gerobak dari gudang menuju tempat PKL berjualan.

Mereka mendorong dari saat PKL akan buka dan membantu para pedagang mendorong saat telah ketika lapak berjualan tutup.

Kurang lebih terdapat 70 warga yang bergantung hidupnya sebagai pendorong gerobak di Kawasan Malioboro. Tiap harinya para pendorong ini bisa mendorong gerobak puluhan gerobak.

Salah satu pendorong gerobak, Suwarno (37) mengaku dirinya dan para pendorong lain tidak pernah dilibatkan dalam rencana relokasi PKL Malioboro.

Ia bersama rekan-rekan pendorong gerobak khawatir jika relokasi PKL benar-benar dilakukan dia bersama pendorong gerobak akan kehilangan mata pencahariannya.

"Kerjanya dorong gerobak. Kalau sudah siap gerobak dibawa ke Malioboro. Kalau sudah selesai dibawa ke gudang. Ada gudangnya selama ini di sekitar Pajeksan, di Dagen ada, di Sosrowijayan ada," katanya.

"Dengan pindah (PKL), otomatis nggak kerja karena di sana permanen," kata dia.

Sekali mendorong gerobak ia mendapatkan upah sebesar Rp 10 ribu, dalam sehari Suwarno mendorong gerobak sebanyak 40 kali bersama dua rekannya.

"Sehari bisa Rp 400 ribu, pekerjaan lain nggak ada. Kemarin daftar ojek online tidak diterima-terima," katanya.

Dengan mencuatnya wacana relokasi PKL Malioboro ini ia mengaku sedih karena jika tidak bekerja sebagai pendorong gerobak ia kebingungan mencari nafkah untuk keluarga. Karena hanya dari mendorong gerobak ini ia bisa bekerja.

"Belum ada solusi, kami ini belum disentuh sama sekali. Saya sudah bekerja jadi pendorong gerobak 20 tahun," kata dia.

Jika nanti relokasi benar terealisasi dirinya berharap bisa mendapatkan pekerjaan atau lapak yang digunakan untuk berjualan.

"Minta pekerjaan atau lapak. Syukur kalau dapat lapak bisa jualan," kata Suwarno.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/17/165556978/pendorong-gerobak-malioboro-terancam-kehilangan-pekerjaan-jika-relokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke