Salin Artikel

Rutin “Selfie” Selama 5 Tahun, Ghozali Everyday Dapat Rp 1,5 Miliar, Ini Ceritanya

KOMPAS.com - Sejak 2017 hingga 2021, Sultan Gustaf Al Ghozali (22) rutin berswafoto.

Kegiatannya berfoto selfie itu dia lakukan sejak lulus dari SMK N 5 Semarang hingga kini berkuliah di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Jawa Tengah.

Dari foto-foto selfie-nya itu, Ghozali berhasil mendapat Rp 1,5 miliar.

Pria yang dikenal dengan Ghozali Everyday ini menjual foto selfie Non Fungible Token (NFT) di akun OpenSea.

Ghozali menceritakan, awal mula tercetus ide menjual swafotonya sebagai produk NFT.

"Kenal NFT dari kampus dan dari referensi internet. Awal saya meng-upload di NFT aslinya saya bayangin kayak NFT itu isinya 2D 3D atau gambar-gambar karya yang bagus. Tapi aku mikirnya kayak lucu juga kalau salah satu kolektor ada yang punya muka saya," ujarnya di Semarang, Kamis (13/1/2022).

Pada akhir Desember 2021, Ghozali memberanikan diri mengunggah ratusan foto selfie-nya ke OpenSea lewat akun Ghozali Everyday.

Sebanyak 932 NFT itu pun mulai dijualnya pada 10 Januari 2022.

"Aku nyangkanya sih enggak ada yang beli, makanya harganya saya patok awal di 3 dollar. Emang sengaja biar enggak ada yang beli. Awal upload di akhir-akhir Desember cuma baru berani promosi empat hari yang lalu," ucap mahasiswa semester 7 Program Studi Animasi D-4 ini.

Menurut Ghozali, kumpulan foto selfie itu awalnya ingin ia gunakan sebagai timelapse.

"Setelah lima tahun jadi video gitu. Tujuannya itu. Sudah dibuat kemudian sekalian upload di NFT kali saja lucu," ungkapnya.

Putra pasangan Erna Setyawati dan Heru Kamdani ini mengaku tak menyangka koleksi foto selfie-nya sejak lima tahun terakhir bisa laku terjual lewat NFT di akun Opensea Ghozali Everyday.

"Itu nilai dari keseluruhan yang beli itu ada yang bilang sampai Rp 12 miliar. Tapi saya misalnya ada yang beli Rp 20 juta, saya dapat 10 persen begitu terus," bebernya.

Ghozali menuturkan, capaiannya tersebut juga berkat dukungan dari komunitas NFT Indonesia.

Dia membeberkan, salah satu orang yang membeli karyanya adalah Chef Arnold Poernomo.

"Awal-awal itu dipromosiin oleh komunitas NFT Indonesia. Terus orang luar negeri jadi ikutan beli bahkan Chef Arnold juga beli. Belinya bahkan sampe 25 gitu, foto wajah saya," jelasnya sambil tertawa.

Dia pun telah berencana melanjutkan rutinitasnya berfoto selfie. Ghozali akan melakukannya hingga lulus kuliah.

"Pingin tetep lanjut, ini saya kan semester 7 semoga aja lulus tahun ini. Kayanya bakal keren kan soalnya awal foto pas lulus SMK terus di akhirnya bakal lulus kuliah pas wisuda. Biar ada awal sama ending-nya," papar Ghozali Everyday diiringi tawanya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/01/14/154508278/rutin-selfie-selama-5-tahun-ghozali-everyday-dapat-rp-15-miliar-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke