Salin Artikel

1 Miliar Serangan Siber dari Dalam dan Luar Negeri Sasar 3 Sektor Ini

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, serangan siber cenderung meningkat selama pandemi Covid-19.

Penggunaan layanan internet dan transaksi secara online khususnya saat situasi pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor masifnya serangan siber.

"Dalam satu tahun itu hampir 1 miliar serangan siber. Jadi, setiap hari itu jutaan serangan siber baik dari luar ke Indonesia maupun dalam negeri sendiri," kata Nizam, dalam peresmian pelatihan Cyber Security Hub, di Solo Technopark Solo, Jawa Tengah, Kamis (16/12/2021)..

"Di Indonesia ini pengguna internet sudah di atas 177 juta, bahkan bisa mencapai 200 juta pengguna internet. Hampir masyarakat itu menggunakan internet. Di mana di situ kita bertransaksi, data pribadi ada di sana. Komunikasi itu baru individu, belum lagi sistem perbankan, pemerintahan, pendidikan, industri, tentu penjahat yang pindah ke dunia maya tadi akan semakin banyak beroperasi," tambah dia.

Nizam mengatakan, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) untuk menangkal serangan-serangan tersebut.

Dia berharap, setelah diresmikannya Cyber Security Hub, akan semakin banyak generasi muda di Indonesia yang memiliki keahlian siber.


Target 10.000 peserta

Sementara, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho mengatakan, peresmian Cyber Security Hub merupakan kerja sama antara UNS, Pemkot Solo, dan Dirjen Dikti Kemendikbud.

Ditargetkan hingga akhir 2021, ada 10.000 orang yang mengikuti pelatihan ini.

Pelatihan Cyber Security Hub dilaksanakan di Solo Technopark.

Diharapkan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini pada 2022 menjadi 200.000 orang.

"Setelah selesai pelatihan akan mendapatkan sertifikat kompetensi di dalam hal ini. Jadi ada dua kegiatan, yaitu pelatihan dan memperoleh sertifikat," kata dia. (Penulis Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor Robertus Belarminus)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/12/16/175857378/1-miliar-serangan-siber-dari-dalam-dan-luar-negeri-sasar-3-sektor-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke