Salin Artikel

14 Siswa Terpapar Covid-19 di Kota Yogyakarta, Belum Diketahui dari Mana Mereka Terinfeksi

"Ada tambahan (penularan), satu sekolah ada 14 siswa. Per hari ini kita lakukan tracing teman sekelas dan keluarga," kata Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat ditemui di balaikota, Senin (6/12/2021).

Heroe menyampaikan sumber penularan sampai sekarang masih belum diketahui dari mana. Dirinya juga belum mengetahui apakah 14 siswa ini dalam satu kelas atau tersebar di kelas-kelas.

"Kita lakukan tracing, semua siswa sedang kami petakan apakah itu berada di wilayah tertentu atau tidak," katanya.

Pasalnya selama ini Pemkot saat melakukan tracing kepada teman sekelas banyak yang tidak terkena begitu pula saat melakukan tracing ke keluarga juga tidak terpapar Covid-19.

"Selama ini kita menelusuri satu kelas sebagian gak kena, kita telusuri keluarga gak kena. Tentang kasus positif apakah ngumpul atau nggak kita coba lakukan analisis," ucapnya.

Sebanyak 14 siswa yang terpapar masih belum bisa disebut klaster karena baru penularan di tingkat pertama. Penularan disebut klaster jika sudah menularkan hingga dua tingkat.

"Belum klaster karena penularan tingkat pertama. Klaster kan kalau sudah menularkan 2 tingkat," jelas dia.

Dengan ditemukan 14 orang siswa terpapar corona kemarin, maka jumlah siswa yang terpapar corona saat pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Yogyakarta sebanyak 40 siswa karena sebelumnya sudah ditemukan sebanyak 26 siswa yang terpapar.

"Kemarin total 26, mungkin sekarang 40," kata dia.

Sekarang ini, Pemkot Yogyakarta sedang melakukan skrining ke sekolah-sekolah. Skrining menyesuaikan dengan kegiatan sekolah, jika sekolah sudah siap maka segera dilakukan skrining.

"Targetnya sebanyak mungkin kita skrining sebagai bagian peningkatan," kata dia.

Ia mengingatkan kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan selama dalam kehidupan sehari-hari.

"Kita mengingatkan masyarakat bahwa masih ada sebaran, artinya meskipun tidak berdampak serius dalam kesehatan masih banyak virus yang beredar," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/12/06/171033778/14-siswa-terpapar-covid-19-di-kota-yogyakarta-belum-diketahui-dari-mana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke