Salin Artikel

Duduk di Luar Teras, Ini Cerita Penghulu KUA Nikahkan Pengantin Pria Positif Covid-19, Kertas Disemprot "Hand Sanitizer"

Pengantin pria adalah Sugiyanto, warga Tuban, Jawa Timur. Ia terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). Sedangka pengantin perempuan bernama Ngatini, warga Nanggulan, Kilon Progo.

Sugiyanto dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani swab antigen sehari menjelang tanggal akad nikahnya.

Ia melakukan swab antigen sebagai salah satu syarat pernikahan di masa PPKM Darurat.

Setelah dinyatakan pengantin pria dinyatakan positif Covid-19, petugas kemudian melakukan pengecekan lokasi untuk memastikan kemungkinan pernikahan tetap digelar.

Menurut Marjuki, setelah melihat kondisi rumah pengantin, pihak KUA membuat skenario sehingga acara akad nikah tetap bisa berjalan. Mereka pun berkoordinasi dengan satgas desa setempat.

Di hari pernikahan, kata Marjuki, pengantin pria duduk di depan pintu rumah di dekat teras. Sedangkan dirinya duduk di luar teras.

Prosesi akad nikah hanya dihadiri enam orang yakni calon pengantin pria dan wanita, penghulu, wali, dan dua saksi.

"Jadi kami atur duduknya berjarak kurang lebih 4 meter. Waktu itu, calon pengantin pria saya minta duduk di depan pintu rumah tapi masih di dalam teras. Sementara saya di luar teras. Karena pengantin prianya OTG, maka ia menerima kabulnya juga sendiri tidak diwakilkan," ucap pria yang juga menjabat sebagai Kepala KUA Nanggulan dikutip dari Tribun Jogya.

Ia menjelaskan saat pernikahan, hanya wali dan saksi yang tanda tangan karena mereka akan pulang ke asalnya masing-masing.

Sedangkan dokumen pengantin pria, baru akan ditandatangani setelah ia selesai isolasi mandiri.

"Itu juga saya masih jaga protokol kesehatan (prokes), setelah tanda tangan pulpen dan kertas yang ditandatangani saya semprot pakai hand sanitizer. Meski mereka tidak positif Covid-19," ucapnya.

Sementara itu Sugiyanto, penganti pria saat dihubungi mengaku sudah lega tetap bisa melangsungkan akad nikah walau dinyatakan positif Covid-19.

Sugiyanto juga mengatakan akad nikahnya berjalan dengan lancar dan aman.

Editor: Khairina

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/07/21/144400578/duduk-di-luar-teras-ini-cerita-penghulu-kua-nikahkan-pengantin-pria

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke