Salin Artikel

Dari Rp 6,5 Juta, Terkumpul Rp 300 Juta dalam Sehari untuk Patungan Beli Kapal Selam Pengganti Nanggala-402

Dalam sehari, mereka bisa mengumpulkan dana sekitar Rp 300 juta.

Ketua Dewan Syura Masjid Jogokariyan Muhammad Jazir mengatakan nomor rekening baru dibuka pada Senin (26/4/2021). Setelah itu, nomor rekening langsung disebar melalui media sosial.

"Kita buka rekening kemarin langsung kita publish, pagi ini sudah tembus di atas Rp 300 juta Masya Allah, dalam waktu sehari Rp 300 juta," kata dia saat dihubungi, Selasa (27/4/2021).

Ia mengatakan pengumpulan donasi tersebut dilakukan untuk membangkitkan rasa cinta pada tanah air khususnya terkait pertahanan nasional.

"Benar ini ya. Kemarin sebetulnya kita cuma ingin menyampaikan, anak-anak kita itu menggalang dana membangkitkan rasa cinta tanah air terhadap pertahanan nasional tetapi banyak orang yang telepon supaya buka rekening," kata dia.

Ia juga menjelaskan awalnya anak-anak masjid melakukan penggalangan sendiri dan berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp 21 juta.

Dana sebesar Rp 15 juta disumbangkan untuk crew KRI Nanggala-402 dan sisanya untuk dana awal patungan membeli kapal selam.

"Tanda cinta pertama jamaah Masjid mengumpulkan Rp 15 juta yang disumbangkan kepada keluarga crew KRI Nanggala 402," kata dia.

Hari sebelumnya mereka telah menghimpun dana di sekitar pasar sore ramadhan Jogokariyan dan mendapatkan Rp 6.584.500.

"Dana patungan sebanyak itu untuk patungan membeli kapal selam pengganti KRI Nanggala 402," tutupnya.

"Beliau sangat terharu berterima kasih atas respons kita," ujar dia.

Terkait pengawasan penggalangan dana, Jazir menjelaskan berapa pun dana yang telah terkumpul, akan tetap diserahkan untuk kemudian ditambah dari anggaran TNI AL untuk membeli kapal selam pengganti.

"Itu rekening dana yang akan terkumpul berapa pun kalau bisa mencapai pembelian ya kita akan belikan kalau tidak kita teruskan untuk ditambahi anggaran AL sendiri," kata dia.

Jazir mengatakan, donasi akan dibuka selama satu bulan untuk melihat respons dari masyarakat.

"Jadi kita akan cek sebulan pertama sekaligus mencari donasi," kata dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Wisang Seto Pangaribowo | Editor : Dony Aprian, Teuku Muhammad Valdy Arief)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2021/04/27/162600478/dari-rp-65-juta-terkumpul-rp-300-juta-dalam-sehari-untuk-patungan-beli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke